Apa saja jenis tindak tutur pada teks ada-ada ngemprak dalam tari jemparingan?

Kebahasaan dalam tari Jemparingan bukan merupakan bahasa murni, melainkan bahasa yang sengaja digunakan atau merupakan bahasa fungsional. Kebahasaan dalam komponen verbal digunakan sebagai penunjuk isi. Penunjuk isi dalam komponen verbal dapat diungkap melalui hasil implikatur dari tindak tutur yang terdapat pada sastra tembang tari Jemparingan. Lalu, Apa saja jenis tindak tutur pada teks ada-ada ngemprak dalam tari jemparingan ?

Teks Ada-ada Ngrempak

gagah kawuryan,

Kusuma prawiratama,

Aglar olah kridhaning warastra,

Samapta mandhe gandhewa,

Pinenthang amrih sampurna,

Gumolong sedyanya gilig.

Berikut ini merupakan jenis jenis tindak tutur pada teks ada-ada ngempak :

  1. Gumelar gagah kawuryan: Tindak tutur asertif, berfungsi untuk menginformasikan, merupakan bentuk tindak tutur yang menggambarkan atau menginformasikan tentang prajurit yang terlihat gagah saat mereka sedang siaga atau bersiap.

  2. Kusuma prawiratama: Tindak tutur asertif, berfungsi untuk menyampaikan informasi, merupakan bentuk tindak tutur yang menggambarkan prajurit yang mempunyai kesaktian yang tidak dimiliki oleh prajurit yang lainnya.

  3. Aglar olah kridhaning warastra: Tindak tutur asertif, berfungsi menginformasikan sesuatu, merupakan bentuk tindak tutur yang menggambarkan prajurit sedang berlatih untuk mengasah kemampuan dirinya dalam mengolah senjata, dalam hal ini adalah senjata gendhewa atau jemparing.

  4. Samapta mandhe gandhewa: Tindak tutur asertif, berfungsi untuk menyampaikan informasi tertentu, merupakan bentuk tindak tutur yang menggambarkan prajurit yang bersiaga dengan senjata gendhewa atau jemparing sebagai tanda kesiapannya.

  5. Pinenthang amrih sampurna: Tindak tutur direktif, berfungsi untuk melakukan suatu tindakan, merupakan tindak tutur yang menyuruh prajurit agar fokus dalam mengarahkan dan membidik sasaran.

  6. Gumolong sedyanya gilig: Tindak tutur ekspresif, berfungsi semangat, merupakan bentuk tindak tutur keadaan jiwa prajurit yang merasa bersemangat, percaya diri, dan mempunyai kebulatan tekad. Maksud dan tujuan atau cita-cita seorang prajurit terkonsentrasi menjadi satu dalam kebulatan tekad.

Implikatur teks Ada-ada Ngrempak adalah penggambaran prajurit yang gagah dan sakti sedang berlatih ketrampilan dalam mengolah senjata gendhewa atau jemparing.