Apa saja jenis teknik melukis dengan Cat Minyak?

Salah satu pewarna atau cat yang umum digunakan dalam melukis adalah cat minyak. Secara umum terdapat tiga jenis teknik melukis menggunakan cat minyak.

Teknik Melukis Dengan Cat Minyak

Salah satu pewarna atau cat yang umum digunakan dalam melukis adalah cat minyak. Secara umum terdapat tiga jenis teknik melukis menggunakan cat minyak, yaitu :

  1. Teknik basah
    Teknik basah merupakan teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak terlebih dahulu dengan menggunakan minyak cat. Setelah diencerkan dengan tingkat kekentalan tertentu, baru kemudian dipoleskan diatas permukaan kanvas. Dalam teknik ini biasanya digunakan kuas yang panjang bulunya. Teknik basah ini biasanya digunakan untuk melukis secara rata (flat) atau tanpa kesan volume.

  2. Teknik kering
    Teknik kering merupakan kebalikan dari teknik basah. Melukis dengan menggunakan teknik kering berarti melukis tanpa menggunakan minyak cat (linseed oil). Teknik ini menggunakan kuas dalam keadaan kering dan tidak berminyak. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan cat yang baru dikeluarkan dari dalam tube. Teknik kering ini cocok untuk melukis dengan kesan volume dan keruangan, seperti realisme, naturalisme, dan surelisme.

  3. Teknik campuran
    Teknik campuran merupakan kombinasi antara teknik kering dan teknik basah. Dengan teknik campuran, kekurangan yang terdapat pada teknik kering dan basah dapat saling menutupi. Teknik ini dilakukan dengan teknik kering terlebih dahulu yaitu dengan cara memblok warna sambil menambah intensitas minyak cat secara perlahan hingga menjelang finishing lukisan.