Apa saja jenis tanaman hias yang berpeluang tinggi untuk dijadikan bisnis?

tanaman hias

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang populer dikembangkan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan, tanaman tersebut dapat dinikmati keindahannya serta memiliki nilai estetika tersendiri. Lantas apa saja jenis tanaman hias yang berpeluang tinggi untuk dijadikan bisnis?

2 Likes

Berdasarkan Redaksi PS (2008) terdapat beberapa tanaman hias yang berpotensi untuk dijadikan bisnis, diantaranya yaitu:

  1. Adenium
    Adenium tetap digemari pecinta tanaman hias karena keindahan bunga dan bonggolnya. Permintaan tanaman ini relatif stabil asalkan selalu merilis varian baru yang lebih indah bunganya. Keunikan pada bonggol juga dapat mendongkrak harga dari adenium. Segmentasi pasarnya bervariasi mulai dari penjual biji, bibit, tanaman medium dan remaja hingga kualitas untuk kontes.

adenium

  1. Aglaonema
    Aglaonema masih menjadi incaran para pecinta tanaman hias karena daya tariknya yaitu pesona daun yang berwarna warni. Namun harga dari aglaonema terbilang tidak murah. Bagi yang tertarik mengembangkan tanaman ini, dapat memulainya dari jenis yang berharga murah misalnya Pride of sumatra, Donna carmen, Adelia.

aglonema

  1. Anthurium
    Pasar anthurium berkembang sangat pesat. Tidak heran apabila penyedia bibit bertebaran di berbagai daerah mulai dari skala kecil sampai besar. Marginnya besar dapat mencapai 30-100%. Kunci suksesnya pebisnis harus jeli melihat pasar si raja daun ini, terutama pemilihan jenis dan waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

anthurium

  1. Bromelia
    Meskipun bukan jenis baru, bromelia patut diperhitungkan sebagai tanaman hias yang potensial untuk dikembangkan. Munculnya varian-varian baru dengan warna mencolok membuat para pecinta tanaman hias semakin terpikat oleh pesonanya. Apalagi keluarga nanas-nanasan ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias lanskap dan pot plant .

bromelia

  1. Pachypodium
    Pachypodium memiliki kelebihan yang dapat dijadikan aset untuk dikembangkan. Bentuk tanaman hias ini unik dengan dipenuhi duri. Pembibit bisa menghasilkan margin hingga 50%, sedangkan pedagang dapat menghasilkan margin 30% setelah dipotong biaya pemeliharaan. Nilai itu berlaku pada pachypodium normal, dan apabila mengembangkan jenis pachypodium yang unik dan langka maka keuntungannya dapat berlipat-lipat.

pachypodium

Referensi

Redaksi PS. 2008. Sukses Memulai Bisnis Tanaman Hias. Depok: Penebar Swadaya.

Dalam menjalankan suatu bisnis tidak dipungkiri bahwa perkembangan tren juga perlu dipertimbangkan dalam memulai bisnis. Era sekarang ini tanaman hias monstera merupakan salah satu tanaman yang sedang naik daun untuk dijadika dekorasi dalam ruangan. Selain itu, tanaman euphorbia dan anggrek pun bisa dipertimbangkan sebagai tanaman hias yang berpeluang tinggi untuk dijadikan bisnis.

d7f8142b090564336a147266ad25004a

Saat ini memang banyak sekali yang gemar menanam tanaman hias. Tak heran saat ini tanaman hias lebih mahal dari biasanya karena banyak yang mencarinya. Aglonema merupakan tanaman yang cocok untuk bisnis meskipun harga beli nya mahal akan tetapi tanaman ini mudah dan cepat berkembang biak. Jadi bisa dijual lagi. Anggrek dari dulu juga tetap mahal maka dari itu anggrek juga bisa dijadikan bisnis karena harganya yang relatif konsisten. Terima kasih.