Apa saja jenis risiko yang terdapat dalam identifikasi risiko?

Identifikasi risiko merupakan usaha untuk menemukan risiko-risiko yang mungkin timbul dalam suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan. Lalu apa sajakah yang termasuk ke dalam risiko itu sendiri?

Risiko merupakan bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Sedangkan identifikasi risiko merupakan suatu kegiatan untuk mengetahui risiko apa yang akan terjadi.

Terdapat beberapa jenis risiko yang ditemui, yaitu :

# Risiko Reputasi
Reotasi merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Ketika suatu reputasi jatuh, maka kehancuran suatu perusahaan sudah melanda di depan mata. Dimana reputasi yang telah hancur tersebut akan sulit untuk dikembalikan lagi terlebih dapat mengakibatkan gulung tikarnya suatu perusahaan.

# Risiko Pasar
Risiko pasar biasanya berkaitan dengan perubahan harga pasar yang bisa merugikan suatu perusahaan. Misalkan adanya penurunan harga saham yang berakibat penurunan nilai pasar saham perusahaan tersebut. Hal ini akan merugikan perusahaan karena harga saham bergerak pada arah yang tidak menguntungkan.

# Risiko Kredit
Risiko ini sering terjadi pada perusahaan yang melakukan skema penjualan secara kredit. Risiko ini juga bisa menimpa perusahaan yang bergerak dalam bidang lembaga keuangan. RIsiko ini merupakan bahaya kuno yang dikarenakan ketidakmampuan untuk mengekstrak perjanjian (pinjam meminjam) dalam mitra bisnis. Perusahaan harus bisa melakukan manajemen hutang dengan baik. Termasuk harus mengetahui tingkat kesehatan perusahan yang akan menjadi mitra bisnisnya. Sehingga nantinya bisa diidentifikasi apakah perusahaan tersebut memiliki kemampuan untuk membayar hutangnya atau tidak.

# Risiko Operasional
Risiko yang terjadi karena kurang berfungsinya suatu proses internal, kesalahan manusia, kegagalan sistem atau adanya problem eksternal. Risiko ini akan menimbukan kerugian yang dapat berdampak akan hilangnya potensi keuntungan.

Referensi :