Apa saja jenis penghapus yang biasa digunakan saat menggambar?

Jenis Penghapus

image

Penghapus dalam menggambar bisa saja untuk membuat efek-efek dramatis, seperti efek cahaya atau hihgtlight, efek bokeh atau gambar blur, gradasi, bayangan. Bisa juga penghapus disini memang bertugas menghapus hal-hal kecil dan detil seperti bayangan rambut yang tipis, bulu mata dll. Terdapat 3 jenis penghapus yang biasa digunakan, apa saja itu?

Jenis Penghapus

  1. Penghapus berbahan karet
    Merupakan penghapus pensil biasa, banyak kita temukan berbagai macam merk tersedia. Menggunakannya dengan cara menggosokan pada tempat yang ingin kita hapus. Jenis penghapus ini pun ada yang lembut ada yang keras, pernah dapat penghapus dari Cina sanghat lembut dan bagus untuk mengahapus, tidak mengotori area gambar setelah menghapus, dengan tumpukan sisa hapusan, tapi gak bisa baca mereknya apa. Perhatikan permukaan kertas area hapusan hat-hati jangan terlalu nafsu menggosok atau marah, bisa menyebabkan kertas berlubang. Keseringan menghapus pada area yang sama entah karena salah atau hobi menghapus, bisa membuat permukaan kertas menjadi tidak stabil, lecelek dan kucel, walaupun sudah menggunakan kertas yang tebalnya 300gram.

  2. Penghapus berbahan karet dengan bentuk pensil mekanik
    Memiliki diameter 2.3mm ukuran paling kecil di dudnia saat ini. Nyaman digunkan untuk membuat efek rambut atau bertugas mengikis detil cahaya pada bola mata. Bagus untuk menghapus bagian kecil dan rumit.

  3. Gummy eraser atau kneaded
    Disebut gummy karena mirip permen karet, agak lengket, bisa bentuk menjadi apapun. Karena sifat lengket itu cara menghapusnya berbeda dengan penghapus karet biasa. Cukup kita mentotolkan penghapus pada permukaan yang ingin kita hapus, sifat lengket penghapus akan mengangkat partikel-partikel arang atau grafit yang ada pada permukaan kertas. Membentuk kneaded sesuai dengan keinginan lalu tempelkan pada permukaan kertas yang penuh dengan charcoal, lalu tempelkan, angkat kemudian bentuk lagi, terus ulang-ulang ini akan membuat efek blur atau bokeh yang menarik.