Apa saja jenis PABX yang ada saat ini ?

telekomunikasi

(Rheva Maharani) #1

Private Automatic Branch Exchange

PABX atau PBX atau Private Automatic Branch Exchange adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon atau interpon/intercom yang terletak di sisi pelanggan, misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan percabangan satuan sambungan telepon. Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, seperti PTT Telkom.

Apa saja jenis PABX yang ada saat ini ?


(putri) #2

Saat di perkantoran yang memiliki banyak karyawan dan divisinya pasti kerap menemukan telepon yang biasanya dipergunakan untuk berkomunikasi dengan lebih mudah. Untuk menghubungkan telepon yang satu dengan yang lainnya, maka diperlukan perangkat yang disebut dengan PABX.

Private automatic branch exchange ini merupakan perangkat penyambung telepon yang berada di perkantoran sehingga bisa menghubungkan pelanggan dengan pihak perusahaan misalnya CS. Peralatan yang dapat diperoleh di tempat jual wifi router dan access point PABX tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

PABX memiliki fungsi untuk pembagi atau sebagai pengatur dari bagian internal atau extension to extension dengan bagian external atau out going dan income. Perangkat yang dikenal juga sebagai PBX di Eropa ini memiliki ukuran, kapasitas serta fitur yang berbeda satu dengan yang lainnya dan bahkan saat ini sudah ada IP PBX yang menggunakan teknologi internet protocol atau IP.

Walaupun terdapat beberapa jenis PABX, terdapat 3 jenis yang biasanya paling banyak digunakan.

  • Pertama adalah PABX analog. Jenis PABX ini memiliki output analog dan jenis PABX ini menggunakan sinyal analog sebagai ekstensinya. Dikarenakan jenis PABX ini menggunakan sinyal analog, menyebabkan device yang dipergunakan tidak perlu jenis telepon yang khusus. Jenis PABX ini sama seperti yang umumnya dipergunakan di rumah yang dihubungkan ke PSTN atau dikenal juga dengan sebutan SLT atau single line telephone.

  • Kedua adalah PABX Digital. Jenis PABX ini banyak dipergunakan karena kemudahannya. Sistem output yang dipergunakan adalah berupa data digital. Nantinya, data digital tersebut akan di konversikan dengan telepon khusus sehingga menjadi suara. Masing-masing jenis PABX sesuai dengan merk yang memproduksi device tersebut mempunyai konversi digital yang berbeda sayu sama yang lainnya sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Ketiga adalah PABX Hybrid. Jenis PABX ini merupakan gabungan dari sistem analog dan digital. Karena hal tersebut jenis ini memiliki 4 cable yang terdiri dari 2 pasang analog dan 2 pasang digital. Masing-masing jenis PABX tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri sehingga bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli di tempat jual access point PABX yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

    Salah satunya adalah Oxo Connect R2 dari Alcatel. Device yang bisa digunakan sebagai IP PBX yang dapat digunakan untuk mengendalikan ekstensi dari telepon analog serta dari IP phone. Dengan menggunakan perangkat keras ini, perusahaan Anda baik yang masih berkembang di sektor UKM bisa memaksimalkan pelayanan yang Anda berikan untuk ke konsumen dan meningkatkan hubungan antar devisi di perusahaan Anda. Kemampuan dari perangkat keras PABX produksi Alcatel ini mampu untuk menghubungkan hingga 300 ekstensi telepon baik untuk jenis telepon analog ataupun jenis IP phone.