Apa saja jenis nilai dalam Karya Seni?


(Nikita Tsalis) #1

Kata atau istilah nilai sesungguhnya bukan sesuatu yang bersifat kuantitatif atau menunjuk pada sesuatu yang bersifat konkret, melainkan menunjuk pada sesuatu yang bersifat kualitatif dan abstrak. Pada dasarnya, nilai berfungsi untuk mengatur/mengendalikan (to control), mengarahkan (to direct), to guide (menuntun), to rearrange (menyusun kembali) tindakan seseorang. Sistem nilai mempengaruhi kepribadian seseorang. Nilai bersifat relatif bergantung pada konteksnya. Nilai juga mampu mengendalikan seseorang untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu/ menghindari sesuatu. Terdapat 3 jenis nilai dalam karya seni.


(Shiella Regina Febriyanisa) #2

Nilai dalam Karya Seni

  1. Nilai Intrinsik
    Nilai intrinsik karya seni berarti nilai yang ada di dalam karya seni. Nilai intrinsik karya seni adalah nilai perbentukan fisik dari suatu karya, yaitu kualitas atau sifat dari perbentukan fisik yang menimbulkan rasa atau kesan indah. Aspek fisik yang terdapat pada nilai intrinsik karya seni meliputi unsur-unsur rupa seperti: garis, bidang, warna, gelap terang, ruang, dan tekstur.
    Struktur atau susunan unsur-unsur tersebut akan menentukan kualitas keindahan fisik suatu karya seni rupa jika ditata sedemikian rupa dengan prinsip kesatuan, irama, keseimbangan, proporsi, dominasi, variasi, dan harmoni.

  2. Nilai Ekstrinsik
    Nilai ekstrinsik karya seni berarti nilai yang ada di luar karya seni, sehingga yang dimaksud adalah kualitas atau harga yang berada di luar suatu perwujudan fisik. Nilai ini dapat pula disebut dengan nilai simbolis yang memiliki makna, pesan, atau harapan-harapan di luar bentuk fisiknya itu.

  3. Nilai Instrumental
    Dalam konteks seni rupa, suatu karya dapat dikatakan memiliki nilai instrumental jika karya tersebut secara fisik dapat digunakan untuk melakukan tugas dalam rangka memenuhi kebutuhan. Sebagai contoh, nilai instrumental karya seni dapat ditunjukkan pada hasil karya desain peralatan elektronika, seperti kamera, hand-phone, dan komputer (note book). Barang-barang tersebut selain desainnya bagus dan ukurannya yang bersifat portable, juga semakin canggih kegunaannya dalam memenuhi kebutuhan pemakainya. Semakin praktis, mudah, dan nyaman penggunaan alat-alat tersebut, maka semakin tinggi nilai-nilai instrumentalnya.