Apa saja jenis komputer jaringan berdasarkan peranan komputernya?

Jenis-jenis komputer jaringan dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya berdasarkan jangkauan geografis, berdasarkan distribusi sumber informasi/data, berdasarkan media transmisi data, berdasarkan topologi jaringan, dan berdasarkan peranan Komputer dalam Proses Data. apa saja yang dimaksud dengan jenis komputer jaringan berdasarkan peranan komputer dalam proses data?

Jenis komputer jaringan berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data terbagi menjadi jaringan client-server dan jaringan peer-to-peer.

Jaringan client server dan peer to peer secara memiliki perbedaan secara teknik jaringan tetapi secara umum hampir sama yakni mengubungkan antar komputer satu dengan yang lainya.


1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.

Kelebihan Client-Server

  1. Kecepatan Akses yang lebih tinggi karena penyediaan fasilitas dan layanan dilakukan oleh satu komputer khusus yang disebut dengan server dan tidak memiliki beban tugas lain seperti client
  2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
  3. Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Kelemahan Client-Server

  1. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server. (yang harganya cenderung lebih mahal dari komputer biasa)
  2. Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.
  3. Biaya pemasangan/operasional lebih mahal

2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

Kelebihan peer to peer

  1. Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi fasilitas seperti harddisk, printer dan modem atau dalam istilah komputernya sering disebut dengan sharing resource
  2. Biaya yang digunakan untuk membuat jaringan peer to peer juga murah karena tidak harus membeli dedicated server yang tergolong mahal
  3. Bila terjadi kerusakan pada salah satu komputer maka tidak akan mempengaruhi jaringan karena ingat semua komputer memiliki peran yang sama, lain halnya dengan client server, apabila server mengalami down maka seluruh jaringan akan lumpuh.

Kekurangan peer to peer

  1. Keamanan yang kurang terjamin, masing-masing user workstation harus pintar-pintar mengatur keamanan komputernya.
  2. Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan pada masing-masing komputer/workstation.
  3. Jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan peer to peer setiap komputer di mungkinkan akan terlibat dalam komunikasi yang ada.di jaringan clien-server komunikasi adalah antara server dan workstation.
src

Pengertian Jaringan Peer to Peer dan Client Server | Manajemen Informatika
Pengertian Jaringan Komputer : Manfaat, Jenis, Macamnya [LENGKAP]