Apa saja jenis kamera movement?

Kamera movement merupakan pergerakan kamera untuk menghasilkan sebuah gambar. Teknik movement adalah pengambilan dengan cara mengerakkan kamera agar dapat memberikan kesan yang lebih dramatik lewat pengaturan subjek dalam frame.

Apa saja jenis kamera movement ?

2 Likes
  1. Zoom
    image
    Zoom adalah gerakan kamera yang paling sering digunakan (dan karena itu, paling sering digunakan). Ini sering digunakan sebagai kopling ketika videografer tidak yakin apa lagi yang harus dilakukan untuk menambah minat pada bidikan. Jika Anda akan menggunakan zoom, cobalah untuk menggunakannya secara kreatif. Memperbesar atau memperkecil dari objek atau orang yang tidak terduga, penting, dalam pemotretan Anda. Gunakan zoom cepat untuk menambah energi ke bagian yang bergerak cepat. Jangan terjebak dengan zoom Anda sebagai gerakan default Anda.

  2. Pan
    Panning adalah saat Anda menggerakkan kamera secara horizontal; baik dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri, sementara alasnya terpaku pada titik tertentu. Anda tidak menggerakkan posisi kamera itu sendiri, hanya arah yang dihadapinya. Jenis-jenis tembakan ini sangat bagus untuk membangun kesan lokasi dalam cerita Anda.

  3. Tilt
    image
    Tilt adalah ketika Anda menggerakkan kamera secara vertikal, naik ke bawah atau turun ke atas, sedangkan alasnya dipaku ke titik tertentu. Sekali lagi, seperti menggeser, gerakan ini biasanya melibatkan penggunaan tripod di mana kameranya diam tetapi Anda menggerakkan sudut yang ditunjuknya. Bidikan ini populer saat memperkenalkan karakter, terutama kemegahan, dalam film.

  4. Dolly
    image
    Dolly adalah ketika Anda menggerakkan seluruh kamera ke depan dan ke belakang, biasanya di semacam trek atau kendaraan bermotor. Jenis gerakan ini dapat menciptakan efek mengalir yang indah jika dilakukan dengan benar. Jika Anda ingin mencoba boneka, pastikan lintasan Anda stabil dan akan memungkinkan pergerakan yang lancar.

  5. Truck
    Mengemudi truk sama dengan hanya memindahkan kamera dari kiri ke kanan, bukan ke dalam dan ke luar. Sekali lagi, yang terbaik adalah melakukan ini menggunakan track gerak fluida yang akan menghilangkan setiap sentakan atau gesekan.

  6. Pedestal
    image
    Pedestal adalah ketika Anda menggerakkan kamera secara vertikal ke atas atau ke bawah saat dipasangkan di satu lokasi. Istilah ini berasal dari penggunaan kamera studio ketika operator harus menyesuaikan alas tumpuan kamera untuk mengkompensasi ketinggian subjek. Gerakan tumpuan mudah dilakukan ketika kamera dipasang pada tripod yang bisa disesuaikan.

  7. Rack Focus
    Rack Focus tidak sebanyak gerakan kamera sebagai sebuah teknik, tetapi banyak pemula mengabaikan keterampilan penting ini. Anda menyesuaikan lensa untuk memulai gambar buram dan kemudian menggeser fokus untuk membuatnya lebih tajam, atau sebaliknya. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk mengubah fokus audiens dari satu subjek ke subjek lainnya.

Referensi

Storyblocks. 2019. 7 Basic Camera Movements. https://blog.storyblocks.com/video-tutorials/7-basic-camera-movements/. Diakse pada 22 Mei 2020.