Apa saja jenis-jenis strategi perusahaan ?

Strategi organisasi

Strategi organisasi adalah arah dan lingkup organisasi dalam jangka panjang untuk mencapai keuntungan organisasi melalui konfigurasi semua sumber daya yang dimiliki untuk dapat mengatasi tantangan lingkungan sekaligus memenuhi kebutuhan lingkungan bisnis dan harapan pihak-pihak yang berkepentingan

Apa saja jenis-jenis strategi perusahaan ?

Miles dan Snow mengkategorikan strategi perusahaan sebagai prospector, analyzer, defender, dan reactor .

Perusahaan dengan strategi prospector berusaha untuk menjadi yang pertama dengan produk, pasar dan teknologi yang baru walaupun tidak semua usaha menghasilkan keuntungan. Mereka merespon dengan cepat tanda-tanda area kemungkinan secara awal. Prospector juga mengarah pada dimensi entrepreneur yang tinggi, inovatif dengan varisi produk dan memiliki struktur organisasi yang organik.

Perusahaan dengan strategi analyser jarang menjadi yang pertama dalam produk. Namun dengan memonitor secara hati-hati tindakan kompetitor utama mereka dapat menduduki urutan kedua dengan cost yang lebih efisien dan produk yang lebih inovatif. Analyser merupakan titik tengah dari tipe prospector dan defender, dimana menggabungkan keunggulan prospector dan keunggulan defender.

Perusahaan dengan strategi defender berusaha menempatkan dan mengelola ceruk pasar yang aman dengan produk yang relatif lebih stabil atau area jasa. Mereka mencoba untuk melindungi domain produknya dengan menawarkan kualitas yang lebih tinggi, jasa yang superior atau harga yang lebih rendah. Mereka cenderung mengabaikan perubahan industri yang tidak memiliki pengaruh secara langsung terhadap area operasi perusahaan saat ini. Defender mengarah pada dimensi entrepreneurship problem yang lebih konservatif terhadap perubahan lingkungan, tidak banyak variasi produk dan teknologi dan dalam mengelola struktur administratif lebih mekanistik dengan prosedur ketat.

Perusahaan dengan strategi reactor biasanya tidak agresif dalam mengelola produk dan pasar yang aman seperti kompetitornya. Mereka merespon area tersebut ketika ada tekanan dari lingkungan. Penelitian ini tidak mengkaji orientasi strategi reactor , karena tipe ini menunjukkan kegagalan manajemen dalam menentukan strategi perusahaan dimana manajemen hanya menganut strategi dan struktur yang lama.

Perusahaan dengan tipe reactor cenderung kurang stabil, karena tipe ini kurang memiliki bentuk konsistensi mekanisme dalam merespon perubahan (inovasi)