Apa Saja Jenis-jenis Program Televisi?

Program televisi adalah segala hal yang di tampilkan stasiun penyiaran untuk memenuhi kebutuhan penontonnya. Apa saja jenis-jenis program televisi yang ada ?

Sebagaimana diketahui bahwa program televisi atau tayangan televisi termasuk dalam ruang lingkup karya sinematografi, sehingga tayangan televisi mendapatkan perlindungan Hak Cipta. Secara umum, program televisi dibagi menjadi dua jenis, yaitu cerita dan non-cerita.[1]

Program televisi yang berjenis cerita antara lain sebagai berikut:

1. Fiksi

  • Sinema Elektronik (Sinetron).
    Sinema elektronik atau yang lebih dikenal sebagai sinetron merupakan sandiwara bersambung yang disiarkan oleh stasiun televisi. Sinetron pada umumnya bercerita tentang kehidupan manusia sehari-hari yang diwarnai konflik. [2]

    Seperti layaknya drama atau sandiwara, sinetron diawali dengan perkenalan tokoh-tokoh yang memiliki karakter masing-masing. Berbagai karakter yang berbeda menimbulkan konflik yang makin lama makin besar sehingga sampai pada titik klimaksnya. Akhir dari suatu sinetron dapat bahagia maupun sedih, tergantung dari jalan cerita yang ditentukan oleh penulis skenario.[3]

    Sinetron terkadang dibuat menjadi banyak sekali episode, hal ini karena tujuan komersial semata-mata sehingga dikhawatirkan menurunkan kualitas cerita, yang akhirnya membuat sinetron menjadi tidak lagi mendidik, tetapi hanya menyajikan hal-hal yang bersifat menghibur. Hal ini banyak terjadi di Indonesia yang pada umumnya bercerita seputar kehidupan remaja dengan intrik-intrik cinta segi tiga, kehidupan keluarga yang penuh kekerasan, dan tentang kehidupan alam gaib.[4]

    Contoh-contoh program televisi berupa sinetron antara lain adalah Khanza, Cerita SMA, Tersanjung, dan lain-lain.

2. Non-Fiksi

  • Film Dokumenter
    Film dokumenter adalah salah satu program televisi yang dihasilkan berdasarkan usaha untuk mendokumentasikan suatu kenyataan. Film dokumenter ini biasanya dibuat dengan teknik-teknik pengambilan gambar untuk sebuah film dan disimpan di dalam suatu pita film, namun dalam perkembangannya film dokumenter dapat diproduksi secara video maupun digital sehingga dapat ditayangkan menjadi suatu program televisi.[5]

  • Program Pendidikan
    Sedangkan program televisi yang berjenis non-cerita antara lain adalah sebagai berikut:

    • Reality Show
      Reality show adalah salah satu jenis program acara TV yang mendokumentasikan suatu rekayasa realitas tanpa skenario dengan menggunakan pemain dari khalayak umum biasa (tidak menggunakan artis). [6]

      Perkembangan reality show mulai “booming” pada awal tahun 2000-an, yang perkembangannya dimulai di negara Amerika Serikat. acara-acara seperti American Idol, Survivor, Fear Factor, dan lain-lain, merupakan acara-acara reality show yang menjadi awal berkembangnya reality show di dunia.

      Jenis-jenis reality show sangatlah beragam, yaitu antara lain sebagai berikut:

      • Reality Show berjenis dokumentasi:
        Suatu jenis reality show dimana penonton dan kamera merupakan pemerhati yang pasif mengikuti kegiatan sehari-hari maupun kegiatan professional seseorang. Tema-tema yang biasa dipakai dalam reality show berjenis ini antara lain:

        • Kehidupan dalam suatu lingkungan
          Suatu tema dalam reality show berjenis dokumentasi dimana dalam reality show ini menampilkan sekumpulan orang yang tidak saling mengenal dan ditempatkan dalam suatu lingkungan tertentu, untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Contoh: Big Brother, Road Rules, dan lain-lain.

        • Kehidupan selebritis
          Suatu tema dalam reality show berjenis dokumentasi, dimana dalam reality show ini menampilkan kehidupan sehari-sehari selebritis. Terkadang dalam reality show ini selebritis tersebut diberikan misi-misi untuk dipenuhi. Contoh: Simple Life, The Ousbornes, dan lain- lain.

        • Reality Show Berjenis Kompetisi
          Suatu jenis reality show yang para pesertanya disiarkan berkompetisi untuk memenangkan suatu hadiah. Dalam reality show jenis ini biasanya para pesertanya akan digugurkan satu persatu hingga tinggal satu orang atau tim yang tersisa, dan orang atau tim itu lah yang menjadi pemenang. Pemilihan pemenang dalam reality show berjenis ini biasanya dilakukan dengan menggunakan voting dari para pemirsa, juri, ataupun kombinasi antara voting dari pemirsa maupun juri. Contoh dari reality show jenis ini adalah: American Idol, Akademi Fantasi Indosiar, dan lain-lain.

        • Reality Show Berjenis Self Improvement/Makeover
          Suatu jenis reality show yang menayangkan seseorang atau kumpulan orang memperbaiki kehidupannya. Format dari reality show jenis ini biasanya berkisar tentang pengenalan terhadap subjek yang akan diperbaiki kehidupannya, pertemuan subjek yang akan diperbaiki kehidupannya dengan orang-orang yang ahli yang berusaha untuk memperbaiki kehidupan subjek tersebut, dan pada akhirnya setelah berhasil diperbaiki kehidupannya subjek tersebut akan dikembalikan ke lingkungannya dan dipertemukan dengan saudara serta kerabat yang dikenalnya untuk diperlihatkan perubahan yang terjadi pada diri subjek tersebut. Contoh reality show berjenis ini: Swan, Supernanny, dan lain- lain.

        • Reality Show Berjenis Renovasi
          Suatu jenis reality show yang menampilkan tentang make over bagian atau keseluruhan dari tempat tinggal, tempat kerja, maupun kendaraan dari seseorang. Contoh reality show jenis ini: Bedah Rumah, Pimp My Ride, dan lain-lain.

        • Reality Show Berjenis Percintaan
          Suatu jenis reality show yang menampilkan tayangan tentang kompetisi dalam perebutan cinta, ataupun seputar tentang percintaan. Contoh dari reality show jenis ini: Katakan Cinta, Cinta Lama Bersemi Kembali, dan lain-lain.

        • Reality Show Berjenis Kamera Tersembunyi
          Suatu jenis reality show yang menampilkan kamera tersembunyi yang merekam seseorang secara acak untuk dikerjai dalam suatu situasi tertentu. Contoh reality show jenis ini: Spontan, Jail, dan lain-lain.

    • Talk Show
      Suatu program televisi yang menayangkan seseorang atau sekumpulan orang bersama-bersama memperbincangkan suatu topik tertentu yang dipandu oleh seorang pembawa acara. Terkadang dalam talk show ini dihadirkan seorang tamu panel, yang biasanya merupakan orang yang mempunyai pengalaman atau keahlian terhadap isu atau topik yang sedang diperbincangkan. Terkadang dalam talk show juga memberikan kesempatan kepada para pemirsa di rumah untuk dapat ikut berpartisipasi dengan cara menelepon.[7]

    • Permainan atau Kuis
      Suatu program televisi yang menayangkan seseorang atau sekumpulan orang baik itu masyarakat biasa ataupun selebritis memainkan suatu permainan yang meliputi menjawab suatu pertanyaan atau memecahkan suatu masalah untuk mendapatkan hadiah atau uang. Dalam beberapa tayangan kuis atau permainan ini, kontestan berkompetisi dengan orang lain atau tim lain dengan melihat pemenangnya berdasarkan skor tertinggi. Kuis atau permainan ini biasanya memberikan hadiah kepada pemenangnya berupa uang, barang, ataupun tiket perjalanan.[8] Contoh dari program televisi ini antara lain: Kuis Siapa Berani, Who Wants To Be Millionaire, dan lain-lain.

    • Siaran Berita
      Suatu program televisi yang menyiarkan suatu peristiwa yang terbaru yang dibacakan oleh seorang atau lebih pembaca berita. Siaran berita juga menyiarkan wawancara baik itu secara langsung maupun tidak langsung, pendapat ahli, dan wacana editorial. Dalam siaran berita khusus terkadang juga menyiarkan debat-debat tentang suatu topik tertentu. [9] Contoh dari siaran berita ini antara lain: Liputan 6, Seputar Indonesia, dan lain-lain.

Referensi:
[1] Heru Effendi, Mari Membuat Film, (Jakarta: Yayasan Konfiden, 2002), hlm.13
[2] http://wikipedia.org/wiki/sinemaelektronik
[3] Ibid.
[4] Ibid.
[5] Barry Keith Grant dan Jeannette Sloniowski, ed. Documenting The Documentary: Close Readings of Documentary Film and Video, (Detroit: Wayne State University Press, 1997).
[6] Morissan, M.A., Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio&Televisi, (Jakarta: Kencana,2008), hlm. 218
[7] Talk show - Wikipedia
[8] Game show - Wikipedia
[9] http:// wikipedia.org/wiki/newsprogram