Apa saja jenis- jenis kontras dalam warna?

Kontras atau penekanan adalah kesan yang diperoleh karena adanya dua unsur yang berlawanan. Lalu, apa saja jenis jenis kontras dalam warna?

Berikut ini merupakan beberapa warna kontras

Kontras komplementer
Dua warna yang saling berhadapan dalam lingkaran warna, karena dua warna tersebut memiliki jarak yang paling jauh dalam lingkaran warna. Warna komplementer dapat menimbulkan after image yaitu suatu fenomena apabila kita menatap sedikit lama suatu warna, kemudian memejamkan mata, maka sewaktu mata memejam akan terlihat warna komplementernya. Warna komplementer cocok digunakan untuk pewarnaan sesuatu yang dikehendaki ingin cepat terlihat, misalnya untuk desain grafis, spanduk, baliho, liflet dll.

Kontras Split Komplemen
Disebut juga sebagai kontras dua warna komplemen bias. Split/bias komplemen yaituwarna-warna yang bersebrangan pada lingkaran warna, tetapi menyimpang kekiri atau kekanan.

Kontras Triad Komplemen
Disebut juga dengan kontras segi tiga atau kontras tiga warna. Jika menginginkan tata rupa tiga warna kontras maka dapat menggunakan kontras segi tiga. Dengan membuat segitiga sama sisi dalam lingkaran warna, misalnya: merah-kuning-biru, atu jingga-hijau-ungu. Terdapat empat kelompok dalam lingkaran warna.

Kontras Tetrad Komplemen

Disebut juga sebagai double komplemen atau kontras empat warna. Ini dapat dengan menggunakan segi empat pada lingkaran warna