Apa saja Jenis-Jenis Karangan?

Karangan

Karangan merupakan salah satu jenis karya sastra di Indonesia. Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami.

Apa saja Jenis-Jenis Karangan ?

1. Karangan Deskripsi
Karangan Deskripsi merupakan karangan yang berisi tentang penggambaran terhadap suatu obyek. Karangan deskripsi berusaha untuk menggambarkan suatu obyek sejelas mungkin sehingga pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengar dan merasakan apa yang dilukiskan penulis.

2. Karangan Narasi
Narasi adalah jenis karangan yang disusun dengan metode bercerita. Pada umumnya karangan narasi disusun secara kronologis, mengandung plot (rangkaian jalan cerita), dan terdapat tokoh yang diceritakan. Karangan narasi berisi cerita atau peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu.

3. Karangan Argumentasi
Karangan Argumentasi adalah karangan yang berusaha memberikan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat atau gagasan. Cirinya berisi alasan atau pendapat penulis. Karangan argumentasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar menyetujui gagasan si pengarang.

4. Karangan Eksposisi
Karangan Eksposisi adalah karangan yang berisi paparan yang memberikan data atau keterangan sebagai penjelas. Suatu karangan disebut eksposisi jika karangan tersebut berisi tentang uraian atau pemaparan terhadap suatu hal atau obyek.

5. Karangan Persuasi
Karangan persuasi adalah karangan yang berisikan himbauan atau ajakan kepada pembaca.

Karangan dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi. Menurut Hastuti, dkk (1993) karangan dibedakan menjadi lima jenis, yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Penjelasan tiap-tiap karangan tersebut sebagai berikut :

1. Narasi
Narasi adalah uraian yang menceritakan sesuatu atau serangkaian kejadian, tindakan, keadaan secara berurutan dari permulaan sampai akhir sehingga terlihat rangkaian hubungan satu sama lain. Bahasanya berupa paparan yang gayanya bersifat naratif. Contoh jenis karangan ini adalah biografi, kisah, roman, novel, dan cerpen.

2. Deskripsi
Deskripsi adalah suatu karangan atau uraian yang berusaha menggambarkan suatu masalah yang seolah-olah masalah tersebut di depan mata pembaca secara konkret. Contoh karangan jenis ini adalah karangan tentang peristiwa runtuhnya gedung, yang dilengkapi dengan gambaran lahiriah gedung itu, sebab-sebab keruntuhan, letak gedung, arsitekturnya, bagian mana yang runtuh, dan sebagainya.

3. Eksposisi
Eksposisi adalah suatu karangan yang menjelaskan pokok masalah yang disertai dengan fakta-fakta. Tujuannya agar para pembaca memahami dan bertambah pengetahuannya terhadap masalah yang diungkapkan. Contoh karangan jenis ini adalah artikel-artikel dalam surat kabar atau majalah dan tulisan-tulisan ilmiah.

4. Argumentasi
Argumentasi dalam suatu karangan yang berisikan pendapat atau gagasan mengenai suatu hal dengan pembuktian-pembuktian untuk mempengaruhi pembaca agar mengubah sikap merekan dan menyesuaikan dengan sikap penulis. Ciri-ciri argumentasi adalah mengandung kebenaran dan pembuktian yang kuat, menggunakan bahasa denotative, analisis rasional, alasan kuat dan bertujuan supaya pembaca menerima pendapatnya. Contoh jenis karangan ini adalah kampanye pemilihan umum, tulisan-tulisan tentang alasan pengangkatan, pemberitahuan, dan pengangkatan seseorang.

5. Persuasi
Persuasi adalah jenis karangan yang isinya bertujuan membujuk, merayu, atau mengajak pihak pembaca agar mengikuti apa yang dikehendaki oleh pihak penulis. Contoh jenis karangan ini adalah uraian tentang penawaran jenis obat, kosmetik, atau jenis produk lain.