Apa saja jenis jenis ikan koki untuk kontes ?

Menjadikan ikan koki yang ingin dipelihara untuk kontes bisa menyenangkan. Lalu apakah saja jenis jenis ikan koki untuk kontes ? agar saya tidak salah memilih.

unnamed

Terdapat 5 jenis ikan mas koki yang dapat mengikuti kontes :

1. Ranchu. Ikan yang juga dikenal dengan nama “Sang Raja” ini tampak gagah saat berlenggak-lenggok dengan tubuhnya didalam akuarium jernih yang terisi dengan air tawar. Warna dominan kuning emas tanpa sirip atas ini juga ditemukan dengan bercak putih, hitam, merah hingga warna biru pada badannya. Gelembung kecil yang bergerombol pada wajahnya membuat tampilan ikan yang satu ini sangat menggemaskan.

2. Suihogan. Jenis ini merupakan bentuk langsing dari jenis Ranchu tanpa memiliki gelembung yang berkumpul di kepalanya. Gelembung yang ada adalah pada mata si ikan. Gelembung tampak unik dan bisa sangat membesar, inilah yang membuat ikan sering diadu pada kelas unik dalam kontes.

3. Oranda. Ikan berekor panjang sebanyak 4 buah ini banyak dipelihara oleh para hobies. Tudung kepala seperti buah raspberry yang bergerombol membuat wajah ikan terlihat menggemaskan. Ikan jenis ini yang banyak dicari adalah ikan dengan warna putih polos bersih dengan tudung kepala berwarna merah menyala.

4. Ryu Kin. Ikan dengan warna cerah yang beragam ini memiliki bentuk yang gagah. Perbandingan 1:1 antara lebar perut dan punggung ikan membuatnya tampak kokoh saat berenang. Sirip panjang yang dimiliki serta mulut yang runcing membuat ikan ini jadi pilihan beberapa hobies untuk disertakan kedalam kelas kontes. Perawatan yang baik akan membuat ikan ini mencapai ukuran terbesarnya yaitu 25 cm, yang mana sangat besar bagi ukuran jenis ikan mas koki lainnya.

5. Black Moor. Mata teleskop yang menonjol dengan bentuk badan yang tidak terlalu besar membuat ikan ini disebut sebagai popeye di kalangan para hobies. Di dalam kontes, salah satu penilaian jenis ikan ini adalah proporsional tubuh dan kepekatan warna hitam yang dimiliki.

referensi :