Apa saja jenis jenis ikan buntal ?

Ikan buntal

Ikan buntal atau Tetraodontidae terdiri dari sedikitnya 121 spesies ikan buntal yang terbagi dalam 20 genera. Ikan ini banyak ragamnya di perairan tropis dan tidak umum dalam di perairan zona sedang dan tidak ada di perairan dingin. Mereka memiliki ukuran kecil hingga sedang, meski beberapa spesies memiliki panjang lebih dari 100 sentimeter

Sebelum memilih untuk membelinya saya ingin tahu jenis jenis ikan buntal yang bisa dipelihara. Apakah saja jenis jenis ikan buntal ?

Beberapa jenis ikan buntal antara lain :

Ikan buntal Green Spotted

Ikan buntal Green Spotted

Green Spotted Puffer adalah ikan yang sangat unik dan menarik. Sayangnya, Green Spotted Puffer (GSP) sering disalahpahami. Biasanya dijual sebagai ikan air tawar, GSP hanya akan bekerja dengan baik tanpa garam laut dalam airnya untuk waktu yang sangat singkat.

Penyiapan payau yang baik diperlukan untuk kesehatan dan umur panjang dari Green Spotted Puffer. Mereka harus disimpan dalam akuarium besar, dengan tidak kurang dari 30 galon per puffer, karena ini akan tumbuh mencapai enam inci.

Puffer Mbu

Puffer Mbu

Puffer Mbu, buntal raksasa atau buntal air tawar raksasa (Tetraodon mbu) adalah karnivora buntel air tawar yang berasal dari bagian tengah dan bawah Sungai Kongo di Afrika, serta pantai timur Danau Tanganyika dekat mulut Sungai Malagarasi.

Spesies ini biasa disebut sebagai ikan buntal air tawar raksasa karena ukurannya yang masif, tumbuh hingga panjang 67 cm (26 inci). Dengan demikian, ikan ini sulit untuk ditampung di akuarium rumah karena mereka memerlukan tangki yang sangat besar dan penyaringan air berskala yang tepat.

Seperti semua kerabatnya, puffer Mbu mampu menggembungkan diri dengan air atau udara saat stres atau ketakutan lainnya. Ini memakan ikan kecil, moluska dan krustasea. Spesies yang disimpan di penangkaran, membutuhkan beragam makanan yang terdiri dari makanan renyah untuk membantu memastikan kesehatan yang baik dan untuk mencegah pertumbuhan berlebih gigi.

Target Puffer

Target Puffer

Target Puffer (Tetraodon leiurus) alias Twin Spot Puffer atau Eyespot puffer, ditemukan di perairan yang mengalir dan berdiri di wilayah sungai Mekong yang lebih rendah di Asia Tenggara, dari Thailand sampai Indonesia, di lingkungan air tawar dan payau. Mereka ditemukan di cekungan Chad, Niger, Volta, Gambia, Nil, Geba dan Sungai Sénégal.

Ikan buntal fahaka

Ikan buntal fahaka

Ikan buntal fahaka (Tetraodon lineatus), adalah ikan buntal air tawar tropis yang ditemukan di lembah Nil, Chad, Senegal, Gambia, Geba, Volta dan Turkana bagian atas Di Barat, Timur Laut dan Afrika Timur.

Ikan buntal Fahaka bisa mencapai panjang hingga 43 cm (1,4 kaki). Seperti semua puffers mereka memiliki kemampuan untuk mengembang saat terancam dan membawa racun tetrodotoxin. Ikan buntal Fahaka, seperti molluscivora lainnya, memberi makan terutama pada organisme bentik yang mungkin termasuk kerang air tawar dan siput. Mereka biasanya ditemukan di sungai besar, air terbuka dan pinggiran vegetasi.

Takifugu

Takifugu

Takifugu adalah genus ikan buntal, sering kali lebih dikenal dengan nama Jepang fugu. Ada 25 spesies yang termasuk dalam genus Takifugu dan sebagian besar berasal dari perairan garam dan payau di Pasifik barat laut, namun beberapa spesies ditemukan di perairan air tawar Asia atau lebih luas di wilayah Indo-Pasifik.

Makanan mereka kebanyakan terdiri dari alga, moluska, invertebrata dan kadang krustasea. Ikan itu mempertahankan diri dengan menggembungkan tubuh mereka beberapa kali dari ukuran normal dan dengan meracuni predator mereka. Pertahanan ini memungkinkan ikan untuk secara aktif menjelajahi lingkungannya tanpa banyak takut diserang.

Red Eye Puffer

Red Eye Puffer

Red Eye Puffer adalah salah satu jenis puffer yang lebih jarang. The Red Eye Puffer benar-benar ditemukan di air tawar, tanpa membutuhkan garam sama sekali. Mereka adalah puffers kecil dengan kepribadian yang besar dan sikap yang lebih besar lagi.

Mereka sangat agresif dan satu-satunya pasangan tangki yang cocok lebih dari jenisnya sendiri atau invertebrata, dan beberapa puffers sangat agresif sehingga harus dijaga sendiri.