© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja jenis-jenis diet yang dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan?

Diet

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.

Diet Vegetarian

Salah satu metode diet yang tetap menjaga kesehatan tubuh ini adalah metode diet vegetarian. Diet vegetarian merupakan salah program diet yang mampu menurunkan berat badan dan tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan nabati bukan dengan hewani. Dengan kata lain, Anda akan dialihkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh dengan sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan bukan dengan daging hewan. Dalam menjalankan program diet, ada baiknya perlu perencanaan agar program diet dapat dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini dapat membuat Anda berhasil dalam menjalankan program diet dengan memenuhi rasa lapar melalui nutrisi yang cukup sehingga tetap bisa menurunkan berat badan Anda.

Yuliatin (2011) menyebutkan terdapat dua jenis perilaku diet yang sering terjadi, yaitu :

  1. Diet normal
    Diet normal adalah mengatur pola makan seimbang yang dikonsumsi secara teratur setiap hari, terdiri dari semua elemen makanan yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh tetap sehat dan memperbanyak aktivitas olahraga.

  2. Diet tidak lazim

    Diet tidak lazim adalah penurunan berat badan menggunakan cara-cara yang mengabaikan akal sehat seperti membuat diri kelaparan atau melewatkan waktu makan dengan sengaja, penggunaan obat penurun berat badan dan obat pencahar.

    Menurut Neumark-Stainzher dan Krowchuk (dalam Husna, 2013) menyebutkan macam-macam perilaku diet antara lain :

    1. Diet sehat
      Perilaku diet sehat misalnya perubahan perilaku makan dengan mengurangi asupan lemak dan membatasi asupan energi, mengurangi makan cemilan dan meningkatkan aktifitas fisik.

    2. Diet tidak sehat
      Praktik diet tidak sehat misalnya melewatkan waktu makan (waktu sarapan, makan siang atau makan malam).

    3. Diet ekstrim
      Diet ekstrim sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena pada umumnya menggunakan produk untuk mempercepat penurunan berat badan, seperti penggunaan obat pelangsing, penurun nafsu makan, obatpencahar, memuntahkan makanan dengan sengaja dan olahraga yangberlebihan.