Apa saja jenis-jenis dari Satelit buatan ?

antariksa

(Anton Dwikusuma) #1

Satelit buatan

Satelit memiliki peranan yang sangat besar dalam memajukan sistem informasi dan perkembangan teknologi. Beraneka macam satelit yang mengorbit di angkasa mengikuti rotasi bumi membantu manusia dalam memperoleh informasi-informasi tertentu yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

Apa saja jenis-jenis dari Satelit buatan ?


(Irvan Dwiantono Kartomiharjo) #2

Jenis-jenis satelit buatan antara lain :

1. Satelit Komunikasi

Sesuai namanya, satelit komunikasi berfungsi untuk pemenuhan aktivitas komunikasi misalnya : Radio, Handphone, TV dll…

Dengan menggunakan frekuensi gelombang mikro, satelit ini menghasilkan transmisi gelombang Radio yang banyak digunakan untuk sarana komunikasi.

2. Satelit Astronomi

Satelit yang digunakan untuk aktivitas pengamatan benda-benda ruang angkasa misalnya : galaksi, planet, bintang dan benda angkasa lainnya. Contoh : Satelit Hubble yang diluncurkan pada tahun 1990 yang digunakan untuk memotret rose Nebula.

3. Satelit Pengamat Bumi

Digunakan untuk mengamati permukaan Bumi seperti : Pembuatan peta, pengamatan lingkungan Bumi, meteorologi dll…

Contoh : Satelit Reconnaissance (Satelit ini digunakan bukan untuk kepentingan militer)

4. Satelit Mata-Mata

Satelit ini termasuk jenis satelit khusus yang digunakan untuk menunjang kebutuhan militer suatu negara. Fungsi satelit ini adalah untuk memata-matai pihak musuh negara yang bersangkutan.

Fungsinya : Digunakan untuk mengetahui keberadaan pihak musuh serta pencarian informasi akurat dengan mendeteksi wilayah dan perilaku pihak musuh. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga atau ketika suatau negara dalam peperangan.

5. Satelit Cuaca

Digunakan untuk mengamati iklim dan cuaca di Bumi. Dengan satelit ini kita bisa mengetahui iklin dan cuaca terkini yang sering kita lihat di berita televisi atau di internet juga ada aplikasi untuk mengetahui cuaca dan iklim suatu wilayah.

Fungsinya bagi manusia : Untuk pertanian, perikanan, traveller dan lain sebagainya. Dengan mengetahui cuaca dan iklim kita bisa membuat rencana pekerjaan yang sesuai dengan iklim dan cuaca yang sedang terjadi.

6. Satelit Tenaga Surya

Digunakan dalam proses untuk menghasilkan sumber energi Matahari.

Cara kerjanya : Dengan memakai transmisi gelombang mikro untuk menyorotkan tenaga surya ke antena yang sangat besar di Bumi.

Hal ini dilakukan sebagai ganti tenaga konvensional. Sebagaimana yang kita tahu, panas matahari dapat dijadikan sumber energi terbarukan yang tidak pernah habis sampai akhir nanti.

7. Satelit Navigasi

Digunakan untuk mengetahui lokasi tertentu di Bumi. Dengan menggunakan sinyal Radio yang disalurkan ke penerima yang terletak di permukaan tanah tertentu di Bumi.

Sumber :