Apa saja jenis-jenis burung Cucak Ijo?

image

Burung Cucak Ijo atau Cucak Hijau adalah jenis burung pengicau dengan seluruh badan dominan dengan warna hijau. Burung ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati dan termasuk ke dalam suku Chloropseidae; berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird.

Apa saja jenis-jenis burung Cucak Ijo?

1. Cucak Ijo Jawa Timur, Jember, Banyuwangi, Dan Sekitarnya

image

Pada umumnya, sebagian besar burung cucak ijo yang berasal dari wilayah Jawa Timur, baik Jember maupun Banyuwangi ditandai dengan postur tubuh dan kepala yang agak besar. Cucak ijo Jawa Timur bisa dibilang agak mirip dengan cucak ijo yang berasal dari Kalimantan, dan cukup sulit untuk membedakannya, karena banyak pula cucak ijo Kalimantan yang ciri-ciri fisiknya

2. Cucak Ijo Kalimantan

image

Cucak ijo Kalimantan termasuk jenis cucak ijo yang paling mudah dikenali, karena sebagian besar warnanya adalah hijau muda, dan ketika dewasa biasanya tidak terdapat warna biru pada sekitar wajahnya. Cucak ijo yang satu ini ukuran tubuhnya relatif lebih kecil dari cucak ijo Jawa Timur, selain itu juga bentuk tubuhnya cenderung lebih bulat.

3. Cucak Ijo Sumatra

image

Cucak ijo Sumatra juga mudah sekali dikenali, karena memiliki ciri-ciri yang berbeda, yakni terletak pada sekitar kepala bagian atas yang berwarna kuning, dan warna biru mengilap pada bagian pipinya. Pada umumnya, jenis cucak ijo Sumatra adalah cucak ijo yang ukuran fisiknya lebih kecil dibandingkan dengan jenis cucak ijo Jawa Timur dan Kalimantan. Selain itu juga harganya yang relatif lebih murah yang dijual di pasaran.

4. Cucak Ijo Mini

image

Kalau untuk jenis cucak ijo yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu “mini” maka sudah pasti bahwa ukuran tubuh cucak ijo mini ini yang paling kecil dari jenis cucak ijo yang telah kami sebutkan di atas. Sekilas memang terlihat warna cucak ijo mini hampir sama dengan cucak ijo Kalimantan karena warnanya yang polos, tetapi warna hijau mini agak lebih matang, dan tidak ada warna biru pada wajahnya. Cucak ijo mini terkenal dengan variasi voleum suara yang terkadang keras/lantang dan terkadang pelan, tapi dari segi keindahan hampir semua jenis cucak ijo suaranya terdengar merdu dan indah.

5. Cucak Ijo Rante (Ranti)

image

Cucak ijo rante ini memiliki 4 warna yang berkombinasi, mulai dari warna hijau, kuning, biru, dan hitam. Cucak ijo yang satu ini ukuran tubuhnya lebih kecil dari cucak ijo mini, jadi bisa dibilang yang paling kecil dari semua jenis cucak ijo yang telah kami sebutkan di atas. Dari segi suara, cucak ijo ranti ini tidak sekeras atau selantang cucak ijo besar.