Apa saja jenis-jenis batik berdasarkan pembuatannya?

Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau jaman dulu disebutnya ambatik. Apa saja jenis-jenis batik berdasarkan pembuatannya?

Bagaimana anda menilai sehelai batik? Apakah yang anda jadikan sebuah patokan untuk memilih batik yang tepat untuk acara-acara anda baik itu formal, kasual, dan bahkan spesial? Apakah asal usul daerah batik tersebut? Tampaknya orang sudah bersepakat kalau motif adalah sebuah duduk masalah yang subyektif. Selera masing-masing Bung! Ternyata banyak dari kita menilai batik berdasarkan metode produksinya. Implikasi dari pemilihan metode produksi itupun sangatlah banyak. Dari segi harga dan kualitas misalnya.

Jika diteliti lebih jauh, metode produksi batik adalah penentu kepribadian dari batik tersebut. Hal itulah yang akan kita kaji di artikel ini, yakni jenis jenis batik berdasarkan cara pembuatannya. Macam-macam metode pembuatan batik adalah tulis, cap, cetak, print dan lukis.

Sumber:
https://www.pemoeda.co.id/blog/batik#2.%20Cara%20Membuat%20Batik