Apa saja jenis-jenis ayam hias yang suka dipelihara ?

Sebelum memastikan untuk memeliharanya, lalu apakah saja jenis jenis ayam hias yang suka dipelihara ?

Ada beberapa jenis ayam hias yang dapat dipelihara di rumah. Berikut adalah jenis-jenis ayam cantik yang bisa dijadikan hewan peliharaan di rumah:

1. Ayam jambul poland bulu kapas

image

Ayam ini merupakan jenis ayam yang memiliki keunikan, yaitu memiliki jambul. Sesuai dengan namanya, ayam jenis ini memiliki bulu yang berwarna putih dan lebat seperti kapas.

2. Ayam kate serama

image

Ayam jenis ayam ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Ukuran tubuh yang mungil dan bulunya yang indah menjadi alasan orang menyukai jenis ayam ini. Selain itu, ayam ini memiliki keunikan, yaitu bisa berdiri tegak dengan membusungkan dadanya meskipun sedang berjalan.

3. Ayam ketawa

Ayam ini memiliki nama yang unik. Hal ini disesuaikan dengan tingkah lakunya yang suka bersuara dan suaranya mirip dengan orang yang sedang tertawa. Disarankan bagi hobiis untuk memelihara ayam ini karena mudah dipelihara dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca.

4. Ayam pelung

Ayam ini merupakan ayam asli Indonesia yang berkembang di daerah Cianjur dan Sukabumi. Ada pula ayam balenggek, merupakan jenis ayam yang berasal dari Sumatra Barat. Ayam ini cukup pandai dalam berkokok dengan suara merdunya dan iramanya bersusun-susun.

5. Ayam onagodari

image

Ayam ini merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Jepang. Ayam ini memiliki bulu yang berwarna putih bersih dan ada juga yang berwarna hitam. Bentuk ekornya cukup unik, yaitu berumbai-rumbai panjang sehingga ayam ini terlihat sangat anggun.

sumber :