Apa saja jenis-jenis Action figure(Model Kit) Gundam sebagai salah satu model kit terfavorit bagi kolektor?


Guys siang,
Beberapa hari yang lalu,saya sempat di hebohkan dengan berita nilai mainan gundam yang mencapai angka ratusan juta.Nah kira-kira apa saja jenis Action figure atau model kit seri Gundam yang telah di produksi ya?
Sebagai referensi agar saya dapat mengerti lebih dalam jenis-jenis model kit gundam.

Pada umumnya, versi Gunpla yang banyak kamu temui di pasaran adalah versi High Grade (HG), Real Grade (RG), Master Grade (MG), Perfect Grade (PG), dan yang paling imut serta lucu adalah Super Deformed (SD). Walau ada model lain selain yang saya jelaskan tadi, tapi secara umum itulah versi yang akan sering kamu temui di toko gundam manapun. Setiap versi Gunpla ini memiliki kelebihannya masing-masing. Dan terkhusus untuk para pembaca Akiba Nation, saya sudah merangkumnya secara singkat dan cukup detil supaya gampang dicerna dan dipahami oleh siapapun orang yang membaca artikel ini. Semoga bermanfaat :

  1. Super Deformed (SD)

Super Deformed (SD)
Super Deformed (SD)
Super Deformed adalah versi Gunpla yang paling unyu, lucu, dan juga imut. Ketinggian Gunpla ini hanya sekitar 8-10cm saja. Super Deformed adalah Gunpla keluaran terbaru yang sangat berbeda dengan versi lainnya. Berbeda dengan versi lainnya dimana kamu bisa membentuk pose setiap Gunpla sesuai dengan keinginanmu, Super Deformed memiliki ruang gerak yang sangat terbatas karena ukuran tubuhnya yang kecil dan joint part yang tidak fleksibel. Saya rasa ini wajar-wajar saya karena Super Deformed memang tidak dibuat untuk menjadi Gunpla yang poseable, melainkan hanya untuk ditampilkan dalam bentuk yang lucu saja.

Saya rasa ini merupakan angin segar di dunia Gunpla yang bisa mencairkan suasana karena bentuknya yang tidak biasa dan unik.Super Deformed hadir dengan ukuran kepala yang lebih besar dibandingkan badannya. Inilah yang membuatnya lebih unik ketimbang teman-temannya yang lain. Super Deformed cocok bagi orang yang tidak suka kerumitan dan menginginkan sesuatu yang lebih simple. Gunpla ini bisa kamu dapatkan di pasaran dengan harga sekitar Rp70.000 – Rp150.000.

  1. High Grade (HG)

High Grade (HG)
High Grade (HG)
High Grade adalah versi Gunpla yang paling standar yang beredar di pasaran saat ini. High Grade memiliki ukuran dengan skala 1/144 atau dengan ketinggian sekitar 13-15cm. Harganya cukup pas di kantong yang berada di kisaran Rp120.000 – Rp400.000, bergantung dari jenis Gunpla itu sendiri. High Grade (HG) ssecara umum lebih gampang dirakit dibanding versi lainnya karena seperti apa yang saya katakana tadi bahwa detil dan artikulasi pada Gunpla ini tergolong standar. Tingkat fleksibilitas dan warna part pada versi ini juga terbatas, itulah kenapa kamu harus menempelkan stiker untuk memberikan warna yang proporsional pada Gunpla dengan versi High Grade ini. Namun secara keseluruhan, ini adalah versi yang wajib dimiliki oleh para pecinta Gunpla. High Grade adalah versi Gunpla yang sangat cocok bagi kamu yang tergolong pemula dalam merakit Gunpla. Jika kamu sudah berhasil dan mengetahui triknya dengan mudah, selanjutnya kamu harus segera mencoba merakit Real Grade.

  1. Real Grade (RG)

Real Grade (RG)
Real Grade (RG)
Real Grade adalah versi Gunpla yang sangat canggih yang dilengkapi dengan “Advanced MS joint part” yang memiliki tingkat artikulasi yang sangat tinggi. Detil Gunpla pada versi ini sangatlah luar biasa menakjubkan.Tingkat detil yang sangat tinggi ini membuat part-part yang akan kamu rakit nantinya tersedia dengan ukuran yang sangat kecil. Dengan detil yang dibuat sedemikian rapi dan indah, bentuk Gundam ini nantinya akan terlihat dengan indah di mata siapa saja orang yang melihatnya. Tampilan armor yang begitu mendalam akan melelehkan setiap pasang mata yang melihatnya, seakan-akan terbuat dari bahan metal yang sama dengan versi serial anime-nya.

Dengan “Advanced MS Joint Part,” kamu bisa dengan bebas membentuk pose Gunpla ini sesuka hatimu karena Gunpla ini memang diciptakan untuk menjadi Gunpla yang sangat fleksibel dan juga poseable. Warna part yang tersedia pun juga sangat beragam, ini membuat Real Grade tampak lebih berwarna-warni dan bercahaya dibandingkan dengan High Grade. Namun, skala versi ini sama dengan High Grade, yaitu 1/144 dengan ketinggian 13-15cm. Harganya pun dipatok sekitar Rp290.000 – Rp400.000, bahkan hingga Rp800.000. Real Grade adalah versi yang dianjurkan bagi veteran yang telah lama melintang di dunia Gundam. Bisa dibilang bahwa Real Grade adalah versi kecil dari Perfect Grade (PG).

  1. Master Grade (MG)

Master Grade (MG)
Master Grade (MG)
Bagi kamu yang menginginkan Gunpla dengan ukuran yang lebih besar, Master Grade bisa menjadi pilihan kamu karena Gunpla dengan versi ini memiliki skala 1/100 dengan ketinggian sekitar 17-19cm. Tingkat kedetilan dan fleksibilitas yang tinggi membuat bagian tubuh Gunpla ini gampang untuk digerakkan. Ukuran yang lebih besar juga memungkinkan kamu untuk memiliki ruang yang lebih besar pula dalam mengecat Gunpla ini sesuai dengan warna yang ingin kamu lekatkan. Dengan ukurannya yang tergolong besar, merakit Gunpla versi ini membutuhkan waktu yang lama dari yang biasanya, jadi ini sangat dianjurkan untuk orang yang suka tantangan dan memiliki banyak waktu untuk merakitnya dan juga mengecat warna-warnanya.

Master Grade memang sangat cocok untuk dikustomisasi. Beberapa orang bahkan memberikan kesan warna sesuai dengan imajinasi mereka sendiri atau bahkan mengikuti suatu scene yang ada dalam serial anime-nya, seperti warna yang memberikan kesan “hancur” ketika Gundam yang dimaksud sedang bertempur di suatu peperangan yang merusak sebagian mesin mereka. Beberapa orang juga memiliki kebanggaan tersendiri ketika mereka berhasil merakit Gunpla ini dan memberikan cat yang menarik yang sesuai dengan imajinasi mereka. Harga yang biasa kamu temukan di pasar pada Master Grade adalah sekitar Rp400.000 – Rp1.000.000. Harga sesuai dengan kualitas, jadi jangan heran bahwa harga Master Grade Gundam lebih mahal ketimbang High Grade ataupun Real Grade. Ukuran yang lebih besar dan ruang kustomisasi yang lebih luas menjadi keunggulan tersendiri pada Gunpla ini.

  1. Perfect Grade (PG)

Perfect Grade (PG)
Perfect Grade (PG)
Sesuai dengan namanya, Perfect Grade adalah versi yang sempurna dan terbaik dibandingkan versi Gunpla lainnya. Tingkat rakitan yang sangat rumit, detil yang sangat tinggi dan realistis menjadi keunggulan yang ditawarkan pada Perfect Grade. Bagi kamu yang sedang mencari tantangan dalam merakit Gunpla, Perfect Grade adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu. Senjata, armor, dan aksesoris terlihat begitu nyata dan sangat detil, seakan-akan Gunpla ini terlihat seperti dibuat dengan bahan metal yang melekat pada tubuhnya. Beberapa Gunpla versi ini bahkan memiliki LED yang memungkinkan Gunpla ini bersinar dengan gagahnya, contohnya adalah Perfect Grade (PG) Unicorn Gundam yang bersinar dengan warna merah menyala. Tidak hanya itu saja, beberapa part dari Gunpla versi ini pun terbuat dari besi yang meningkatkan kualitas Gunpla ini. Jadi bisa dipastikan bahwa tidak semua part di Gunpla ini terbuat dari plastik.

Tingkat kedetilan Gunpla ini mengalahkan empat Gunpla sebelumnya yang sudah saya jelaskan tadi. Kenapa saya katakan begitu? Karena untuk merakit sebagian besar dari Gunpla versi ini, kamu membutuhkan skrup kecil untuk mengencangkan bebebrapa persendian pada Gunpla ini.

Bahkan, kamu juga bisa membuka cockpit pada Gunpla ini yang terlihat sangat indah, besar dan dibuat dengan rapi (kamu juga bisa membuka cockpit pada sebagian/beberapa Gunpla di versi Master Grade, Real Grade dan High Grade). Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Perfect Grade adalah versi Gunpla yang terbaik yang bisa kamu dapatkan di pasar saat ini juga. Skala Gunpla ini adalah 1/60 dengan ketinggian sekitar 30cm. Dengan kualitas yang tinggi, Gunpla ini pun dipatok dengan harga yang juga tergolong tinggi, yaitu sekitar Rp1,5juta hingga Rp3juta. Namun harga mencerminkan kualitas. Tidak heran veteran perakit Gunpla memilih Perfect Grade sebagai tantangan yang sepadan dengan keahlian mereka dalam merakit Gunpla.