Apa saja jenis dan teknik panjat tebing?

jenis dan teknik panjat tebing
Teknik panjat tebing dipengaruhi oleh permukaan atau model tebing yang kita panjat sedangkan Jenis Panjat Tebing dipengaruhi oleh alat yang dipergunakan. Secara umum teknik panjat tebing ini terbagi menjadi tiga macam teknik dan selebihnya adalah pengembangan dari teknik teknik panjat tebing tersebut. Teknik Panjat tebing juga merupakan sebuah strategi untuk menaklukkan sebuah jalur pemanjatan sehingga dapat meminimalisir resiko kecelakaan dalam pemanjatan.

Teknik panjat tebing adalah sebuah strategi untuk menaklukan jalur pemanjatan dan secara umum strategi tersebut dibagi menjadi tiga :

1. Face Climbing adalah teknik panjat tebing dengan memanfaatkan tonjolan batu (point) atau rongga pada tebing yang sekiranya dapat dipergunakan oleh tangan (untuk dipegang) dan kaki (untuk dipijak) untuk menjaga keseimbangan tubuh.

2. Friction / Slab Climbing adalah teknik panjat tebing yang dilakukan pada tebing yang tidak terlalu tegak (vertical) dan memiliki permukaan kasar sehingga dengan bantuan gesekan maksimum (kekuatan penuh) pada sol sepatu atau gesekan badan saja kita sudah bisa menjaga keseimbangan dan melakukan pemanjatan.

3. Fissure Climbing adalah teknik panjat tebing yang memanfaatkan celah pada tebing untuk melakukan pemanjatan.

Jenis Panjat Tebing Berdasarkan Pemakaian Alat Panjat

  1. Artificial (Aid) Climbing adalah jenis pemanjatan yang menggunakan alat pengamanan tambahan seperi Piton (paku tebing), Bolt, Hanger dan lain lain. Artifical Climbing biasa dilakukan pada tebing yang memiliki grid tinggi seperti hampir tidak ada tumpuan atau pijakan sehingga memerlukan peralatan tambahan. Articifial Climbing biasa dilakukan untuk menambah ketinggian pemanjatan.

  2. Free Climbing adalah jenis pemanjatan yang menggunakan alat pengaman seminim mungkin untuk melakukan pemanjatan tidak seperti Artificial Climbing. Pada Free climbing diri sendiri adalah pengaman terbaik meskipun masih menggunakan tali dan memiliki belayer.

  3. Free Solo Climbing adalah jenis pemanjatan yang tidak menggunakan peralatan pengaman apapun.