Apa saja jenis burung nuri yang ada di Indonesia?

burung

(Dinda Hudaifa) #1

Di Indonesia, jenis burung nuri bermacam-macam. Apa sajakah jenisnya?


(Stella A) #2

Nuri Kepala Hitam

image

Nuri yang satu ini punya ciri yang amat khas pada bagian kepalanya. Di bagian itu terdapat corak hitam yang biasanya ada di bagian atas kepalanya. Sekilas nuri ini mirip seperti nuri Pelangi, hanya kepalanya ada bagian corak hitamnya.

Nuri Pelangi

image

Kalau nuri pelangi warnanya merah, kuning, hijau dan juga biru tanpa hitam. Terlepas dari perbedaan tersebut, keduanya memang nyaris sama indahnya. Gabungan warna itu terlihat sangat hidup dan mencolok dibanding yang lainnya. Bisa dibilang jenis yang satu ini juga masih tergolong umum dan banyak dijumpai.

Nuri Hitam

image

Sekilas hampir mirip seperti gagak, hanya saja tidak sehitam itu bulunya, juga bagian paruhnya yang bengkok. Namun meski begitu, masih tetap burung jenis ini punya corak yang khas dan daya tarik yang indah. Meski tidak mencolok, justru dengan corak seperti ini burung nuri Hitam bisa selamat dari ancaman kepunahan akibat perburuan liar. Karena jarang yang mau menangkap burung ini, sebab menurut pemburu, warnanya buruk.

Nuri Merah

image

Nuri merah punya ciri khas yang sangat mencolok dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Warnanya merah menyala tanpa ada corak lainnya. Ini merupakan daya tarik yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Nuri Kate

image

Ciri dari burung yang satu ini adalah ukurannya yang mini dan warnanya hijau polos sedikit dekil. Karena jenisnya yang kecil inilah dinamai kate, yang maksudnya sama seperti penamaan ayam kate, yakni mini. Bahkan saking mininya, bisa dibilang ini yang paling mini dibandingkan sekian banyak jenis burung nuri yang ada.

Nuri Kalung Ungu

image

Meski sekilas, dapat terlihat corak ungu tersebut seperti kalung yang sedang di pakai di leher. Namun jika ingat corak merahnya, sekilas kita akan ingat pada jenis lainnya, yakni nuri merah.

Bedanya pada nuri merah hanya polos tanpa corak. Juga ukurannya yang cukup berbeda jauh. Jika nuri merah ukurannya kecil, nuri kalung ungu punya ukuran yang agak besar dan tegap. Tetapi keduanya juga termasuk beberapa dari yang paling bagus coraknya untuk nuri khas Indonesia.

Source:
https://satujam.com/burung-nuri/