Apa saja jenis burung Cucak Rowo di Indonesia?

burung
cucak_rowo

(Aditya Reza Firdaus) #1

image

Apa saja jenis burung Cucak Rowo di Indonesia?


(Mifta Ahmad Farid) #2

Cucak Rawa Kalimantan

image

Dalam dunia burung kicau, Cucakrawa Kalimantan tidak begitu diminati karena beberapa kelemahannya seperti, suaranya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu memiliki banyak variasi, kualitas bulu yang tidak sebaik burung dari daerah lain, serta ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Cucak Rawa Aceh dan Medan

image

Di Pulau Sumatera, khusnya Provinsi Aceh juga terdapat burung Cucakrawa yang juga dikenal dengan sebutan burung Cucak Rawa Aceh. Baik Cucak Rawa yang berasal dari Aceh maupun Medan memiliki kualitas yang hampir sama sehingga sedikit sulit untuk membedakannya.

Cucak Rawa Jambi dan Riau

Selain dari Aceh dan Medan, burung ini juga terdapat di Jambi dan Riau memiliki beberapa ciri-ciri, diantaranya adalah, postur yang lebih pendek, kualitas suara masih di bawah Cucakrawa Lampung.

Cucak Rawa Lampung

Bagi penggemar burung, Cucakrawa Lampung sudah sangat terkenal sebagai salah satu jenis yang paling diminati karena memiliki suara yang bagus, bulu yang rapi dan mengkilat, serta sering dijadikan sebagai indukan untuk dikembangbiakkan.

Cucak Rowo Papua

image

Burung jenis ini yang berasal dari Papua sangat sedikit jumlahnya. Selain karena tempatnya yang sangat jauh, peternak juga jarang yang memilikinya. Perawakan Cucak dari Papua sedikit lebih kecil dari perawakan cucak pada umumnya.