Apa saja jenis barang berdasarkan kepentingannya ?

Barang

Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan

Dalam makroekonomi dan akuntansi, suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah “komoditas” sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.

Berdasarkan kepentingannya, barang dapat dibedakan menjadi barang esensial, barang normal, barang inferior dan barang mewah.

  1. Barang esensial adalah barang yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pada barang tersebut tidak signifikan karena dipengaruhi oleh tingkat pendapatan. Contohnya adalah bahan bakar, beras, sayur, dan gula.

  2. Barang normal adalah barang yang permintaanya berkurang pada saat pendapatan berkurang dan juga sebaliknya. Contohnya adalah pakaian, buku, dan gadget.

  3. Barang inferior adalah barang yang pemakaiannya dikurangi jika pendapatan bertambah dan sebaliknya. Contohnya adalah barang bekas dan barang kw atau tiruan .

  4. Barang mewah adalah barang yang berharga mahal dan dapat menaikan status sosial penggunanya. Permintaan barang mahal akan meningkat jika pendapatan bertambah dan sebaliknya. Contohnya adalah perhiasan dan mobil mewah.