Apa saja jenis atau genre gambar illustrasi modern ?

gambar ilustrasi

Ilustrasi tradisional dikerjakan secara manual tanpa bantuan alat elektronik sedangkan ilustrasi modern menggunakan bantuan komputer dan perangkat lunaknya. Apa saja jenis atau genre gambar illustrasi modern?

1. Concept Art

Genre illustrasi ini mencakup Ilustrasi Fiksi, Ilustrasi Gaming dan Animasi. Istilah konsep pertama kali diraih pada tahun 1930-an yang digunakan pertama kali dari Disney. Para seniman menciptakan beberapa interpretasi (konsep) dari tema tertentu dari mana klien dapat memilih dan melihat berbagai tahap perkembangan dan proses penciptaan ilustrasi. Berikut beberapa ilustrasi novel komik / grafis dari Mélody Cisinski , Morgan Yon, Thierry, dan “Barontierie” Doizon, Feng Zhu.

2. Children’s

image

Genre ilustrasi untuk anak-anak bisa sangat beragam – mulai dari yang realistis, penuh dengan ilustrasi detail, hingga gambar yang sangat sederhana, seperti anak kecil. Hal itu tergantung dari ceritanya, target kelompok usia dan banyak faktor lainnya. Meski begitu, ilustrasi anak-anak penuh warna, selalu ada sesuatu yang terjadi dengan karakternya yang lucu dan ramah. Berikut beberapa pelaku ilustrasi anak-anak dari Karl James Mounford, Teagan White, Denis Serkov.

3. Comics/ Graphic Novels

image

Genre ilustrasi komik mengambil bentuk barisan panel gambar. Perangkat teks seperti balon, caption yang menunjukkan dialog, narasi, dan efek suara, dan bentuk kartun adalah sarana pembuatan gambar yang paling umum dalam komik. Berikut beberapa ilustrasi novel komik / grafis dari Arielle Jovellanos, Brian Bolland, Frank Miller.

4. Books / Publications / Editorial

Saat ini, ilustrasi buku bisa dirancang dengan teknik apapun lalu dicetak. Gaya ini sangat serbaguna dan tergantung pada visi pengarang dan subjek buku. Ilustrator mencoba membuat sampul yang eye catching agar bisa bersaing dengan buku-buku lainnya. Ini adalah gaya yang sangat spesifik dan memberi sedikit gambaran dari apa yang ada di dalam buku. Berikut beberapa buku ilustrasi dari Khoa Lee, Shaun Tan, Alison Jay.

5. Branding/Logo

image

Branding / Logo adalah genre ilustrasi yang sangat spesifik, membutuhkan seperangkat keterampilan tertentu. Misalnya, logo harus dikenali dan mudah dibaca pada ukuran yang lebih kecil. Karena itu, ilustrator harus hati-hati merencanakan detail logo. Logo harus sederhana, namun menyita perhatian dan berkesan. Terkadang, bisnis membutuhkan lebih dari sekedar ilustrasi logo, namun maskot yang berbentuk versi kartun dari produk mereka. Berikut beberapa branding/logo ilustrasi dari La Petite Joie.

__

Itu dia 5 genre ilustrasi yang ada saat ini. Rupanya, tiap ilustrasi yang dibuat mempunyai genrenya masing-masing ya! Semoga bermanfaat mengenai jawaban yang saya berikan, terimakasih :pray:

1 Like