Apa saja jajanan kaki lima khas yunani?

Kudapan khas Negeri Para Dewa ini juga terkenal menyehatkan. Perpaduan aneka sayuran, daging, keju, dan rempah-rempah, sajian khas Yunani bahkan sangat cocok disantap bagi kamu yang sedang berdiet.

  1. Spanakopita

Spanakopita merupakan kudapan sejenis pie yang sering dijajakan sebagai camilan pagi di Yunani. Terbuat dari pastry berisi bayam dan keju feta yang dipanggang, kudapan ini memiliki cita rasa gurih dan asin yang menggugah selera. Selain berisi sayuran, pastry gurih ini juga sering dikombinasikan dengan isian lain seperti daging ayam, ikan, dan telur.

  1. Souvlaki

Dikenal pula sebagai kebab ala Yunani, Souvlaki terdiri dari potongan daging domba atau sapi yang dipanggang dengan aneka rempah. Dikombinasikan pula dengan sayuran seperti bawang bombay dan paprika, Souvlaki memiliki cita rasa yang gurih dan juicy. Untuk menambah kelezatan, kudapan berbentuk menyerupai sate ini biasanya disajikan bersama selembar roti pita panggang, mayonnaise, hingga keju nan creamy.

  1. Kioftedes

Kioftedes merupakan sajian khas Yunani berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari daging sapi atau babi giling. Tak hanya itu, Kioftedes juga dicampur dengan parutan kentang lalu digoreng hingga kecoklatan. Dijual sebagai kudapan siang maupun sore hari, Kioftedes biasanya disajikan bersama kentang goreng, salad, dan cream sauce yang creamy dan gurih.

  1. Falafel sandwich

Sesuai namanya, Falafel sandwich merupakan sejenis roti lapis khas Yunani berisi felafel atau bola-bola dari campuran chickpea dan kacang Fava, sayuran, dan saus krim nan gurih. Selain lezat dan mengenyangkan, Falafel sandwich merupakan jajanan kaya gizi dan serat yang bagus bagi kesehatan. Bahkan, kudapan ini sering disajikan sebagai menu alternatif bagi orang yang sedang berdiet.