Apa saja istilah penting dalam manajemen pemasaran?


Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba. Apa saja istilah penting dalam manajemen pemasaran?

Beberapa istilah yang sangat penting dalam konteks pemasaran:

-Produk (barang, jasa, ide): Segala hasil kerja manusia yang dapat ditawarkan kepada manusia lainnya baik berupa barang, jasa atau ide. Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu terbaik, kinerja terbaik dan sifat terbaik sehingga perusahaan harus memfokuskan diri pada perbaikan produk yang terus menerus, menyukai produk yang mudah diperoleh dan sangat terjangkau karenanya manajemen harus berfokus pada perbaikan efisiensi produksi dan distribusi.

-Nilai: Perkiraan konsumen atas suatu produk untuk kepuasan mereka, apa yang dirasakan/diinginkan, perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.

-Biaya: Harga yang harus dibayar konsumen atas produk yang dikonsumsi

-Kepuasan: Seberapa puas konsumen atas produk yang mereka konsumsi (kesesuaian antara harapan dan kenyataan), Kepuasan (customer satisfaction): tingkatan dimana kinerja yang dirasakan (perceived performance) poduk akan sesuai dengan harapan seorang pembeli atau tidak.

-Pasar: Tempat yang berisi semua pelanggan potensial yang berniat untuk transaksi terhadap suatu produk.

Referensi

Pengertian, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran - Kembar.pro