Apa saja istilah dalam pergerakan kamera?

gambar
Apa saja istilah dalam pergerakan kamera ?

Ada beberapa istilah pergerakan kamera dalam fotografi yaitu sebagai berikut :
1. Pan, Panning,
Pan adalah gerakan kamera secara horizontal (mendatar) dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Pan atau yang dikenal dengan panning adalah gerakan kamera seperti menoleh ke kiri dan kanan pada manusia. Pada gerakan ini kamera tetap tidak bergerak hanya mengikuti subjek yang bergerak. Biasanya pergerakan ini diawali dengan beberapa detik pada posisi diam dan diakhiri dengan posisi diam lagi selama beberapa detik untuk memaksimalkan efek panning.

  • Pan right (kamera bergerak memutar ke kanan
  • Pan left (kamera bergerak memutar ke kiri

2. Tilt, Tilting
Tilting adalah gerakan kamera secara vertical,mendongak dari bawah ke atas atau sebaliknya. Tilt atau yang dikenal dengan tilting adalah pergerakan kamera secara vertikal dari atas ke bawah atau sebaliknya. Misalnya untuk adegan terpukau dengan dandanan seseorang kamu bisa mengambil gambar dari bawah kaki dan perlahan bergerak ke atas sampai ke muka. Biasanya pergerakan ini untuk memberikan efek dramatis pada suatu kejadian.

  • Tilt up : mendongak ke atas
  • Tilt down : menunduk ke bawah

Gerakan tilt dilakukan untuk mengikuti gerakan obyek, untuk menciptakan efek dramatis, mempertajam situasi.

3. Dolly, Track
Dolly atau track adalah gerakan di atas tripot atau dolly mendekati atau menjauhi subyek. Dolly atau track adalah pergerakan mendekati dan menjauhi subjek dengan cara menggerakkan kamera yang ada pada dolly atau track. Biasanya pergerakan ini berfungsi untuk memperlihatkan emosional yang lebih jelas (mendekati subjek) dan memberikan kesan kecewa atau takut (menjauhi subjek)

  • Dolly in : mendekati subyek
  • Dolly out: menjauhi subyek

4. Pedestal
Pedestal adalah gerakan kamera di atas pedestal yang bisa dinaik turunkan. Sekarang ini banyak digunakan Porta-Jip Traveller. Pedestal atau ped adalah pergerakan kamera yang dilakukan di atas pedestal, naik dan turun seperti pergerakan lift. Dengan pergerakan ini kamu bisa menghasilkan perubahan perspektif visual dari adegan.

  • Pedestal up : kamera dinaikan
  • Pedestal down : kamera diturunkan

Degan menggunakan teknik pedestal up/down kita bisa menghasilkan perubahan perspektif visual dari adegan.

image
5. Crab
Gerakan kamera secara lateral atau menyamping, berjalan sejajar dengan subyek yang sedang berjalan. Crab atau crabbing adalah pergerakan kamera menyamping sejejar dengan subjek yang sedang berjalan atau berlari. Pergerakannya bisa ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kebutuhan, seperti pergerakan kepiting.

  • Crab left (bergerak ke kiri)
  • Crab right ( bergerak ke kanan)

6. Crane
Crane adalah gerakan kamera di atas katrol naik turun. Crane adalah pergerakan menggunakan kantrol naik dan turun. Pergerakannya lebih bebas tidak terbatas seperti track.

7. Arc
Arc adalah gerakan kamera memutar mengitari obyek dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Arc adalah pergerakan kamera dengan cara berputar ke kiri dan kanan yang biasanya dilakukan untuk melihat situasi atau kondisi lingkungan

8. Zoom
Zooming adalah gerakan lensa zoom mendekati atau menjauhi obyek secara optic, dengan mengubah panjang focal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya. Zoom adalah pergerakan lensa mendekati dan menjauhi subjek secara optic dengan cara mengubah panjang focal lensa tanpa adanya perpindahan kamera, dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebih lebar, atau sebaliknya. Zoom in biasanya untuk memperjelas suatu subjek yang diambil, sedangkan zoom out biasanya untuk memberikan informasi keberadaan subjek tersebut atau kejadian lain yang tidak jauh dari subjek pertama

  • Zoom in : mendekatkan obyek dari long shot ke close up
  • Zoom out : menjauhkan obyek dari close up ke long shot.
Sumber

https://www.keeindonesia.com/blogs/keelesson/istilah-dalam-pergerakan-kamera

Tripod kamera dirancang untuk menstabilkan kamera dan membantu dalam pergerakan dengan semudah mungkin. Untuk memahami fitur dan fungsi pada tripod kamera, pertama kita harus belajar tentang pergerakan dasar dalam kamera. Berikut merupakan istilah – istilah dasar pergerakan kamera :

1. Pan

Pan adalah pergerakan kamera secara horisontal, dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri.
Pan right berarti menggeser ke kanan dengan memutar atau menggerakkan kamera searah jarum jam sehingga titik lensa bergeser ke kanan. Pan left berarti menggeser ke kiri dengan memutar atau menggerakkan kamera berlawanan arah jarum jam sehingga titik lensa lebih ke kiri.

2. Tilt

Tilt adalah pergerakan kamera secara vertical sehingga membuat titik kamera ke atas atau ke bawah. Tilt up berarti menunjukkan kamera secara bertahap naik, tilt down berarti mengarahkan kamera secara bertahap ke bawah.

3. Pedestal

Pedestal merupakan pergerakan ke atas atau bawah dari posisi tumpuan dengan tripod atau pedestal kamera. Pedestal up berarti menaikkan level kamera dengan meninggikan tripod/pedestal . Pedestal down berarti menurunkan level kamera dengan merendahkan tripod/pedestal . Gerakan ini menempatkan kamera sevara vertikal dengan posisi berbeda, yang berarti kamera melihat pemandangan seolah-olah kita sedang melihat dari atas tangga atau saat berlutut di lantai.

4. Dolly

Dolly adalah menggerakkan kamera mendekat atau menjauh dari objek. Dolly in merupakan gerakkan kamera lebih dekat ke objek. Dolly out merupakan gerakan kamera menjauhi objek

5. Track

Truck atau Track merupakan menggerakkan kamera secara lateral/horizontal. Track left berarti memindahkan kamera ke arah kiri. Track right untuk memindahkan kamera ke arah kanan.

6. Crab

Crab merupakan perpindahan kamera yang mirip dengan track kecuali kamera itu tidak harus tetap bersikap lateral terhadap posisi kamera. Crab bisa bergerak mendekati atau menjauh dari objek. Crab biasa digunakan dalam film daripada di televisi.

7. Zoom

Zoom merupakan pengaturan komposisi objek dengan pengaturan pada lensa, sementara kamera tetap dan tidak bergerak. Zoom in untuk mengatur lensa secara bertahap ke posisi sudut sempit, sehingga membuat gambar bergerak mendekat. Zoom out untuk mengubah lensa secara bertahap ke posisi sudut lebar, sehingga membuat gambar tampak bergerak lebih menjauh.