Apa saja input dan output dari Perform Qualitative Risk Analysis?


Image source: learn.adafruit.com

Perform Qualitative Risk Analysis merupakan proses untuk memprioritaskan analisis risiko dengan menilai dan menggabungkan kemungkinan terjadinya dan dampaknya. Manfaat utama dari Perform Qualitative Risk Analysis memungkinkan manajer proyek untuk mengurangi tingkat ketidakpastian dan fokus pada risiko yang memiliki prioritas tinggi. Untuk melakukan Perform Qualitative Risk Analysis sangat penting menggunakan input yang berbeda. Dengan proses tersebut dapat menghasilkan pembaruan dokumen proyek. Lalu, apa saja input dan output dari Perform Qualitative Risk Analysis?

1 Like

Perform Qualitative Risk Analysis merupakan proses yang memprioritaskan risiko untuk dianalisis atau diberikan tindakan lebih lanjut dengan menilai dan menggabungkan kemungkinan terjadinya dan dampaknya. Untuk melakukan Perform Qualitative Risk Analysis sangat penting untuk memperhatikan input dan _output_nya.

Input utama dari Perform Qualitative Risk Analysis berasal dari rencana manajemen risiko, kerangka kerja yang ditetapkan sebagai bagian dari proses untuk semua kegiatan manajemen risiko pada proyek, rencana manajemen biaya dan jadwal, yang berisi pedoman untuk menetapkan dan mengelola cadangan risiko, dan daftar risiko.

Secara khusus, Rencana Manajemen Risiko harus berisi pedoman, metode dan alat yang akan digunakan organisasi selama proses analisis risiko kuantitatif. Daftar risiko tidak hanya berisi risiko pada titik ini, tetapi dampak, kemungkinan, dan urgensi dari masing-masing risiko, yang bersama-sama menciptakan peringkat risiko. Setelah risiko diberi peringkat dalam analisis risiko kualitatif, proses selanjutnya ini mengambil analisis ke tingkat yang baru dengan mengukur dampak masing-masing risiko dalam pengaruhnya terhadap biaya dan jadwal proyek. Informasi dari sumber industri atau dari organisasi itu sendiri tentang risiko yang terlibat dalam proyek serupa, mungkin juga berguna untuk proses ini. Ada 5 inputs yang ada pada Perform Qualitative Risk Analysis, antara lain:

  1. Risk Management Plan, berisi elemen-elemen kunci dari Risk Management Plan, meliputi pedoman, metode dan alat yang akan digunakan dalam analisis risiko kuantitatif.
  2. Scope Baseline
  3. Risk Register, berisi dampak, kemungkinan, urgensi semua risiko, yang bersama-sama bergabung untuk memberikan peringkat risiko dari setiap risiko.
  4. Enterprise Environmental Factors, berisi studi industri proyek yang serupa oleh spesialis risiko
    dan Risk Database dari industri.
  5. Organizational Process Assets, berisi informasi historis dari proyek yang serupa.

Sedangkan output dari Perform Qualitative Risk Analysis adalah Project Documents Updates , yang berisi tentang daftar risiko. Dimana risiko yang diidentifikasi dalam proses akan memiliki lebih banyak informasi yang perlu ditambah seperti.

  1. Probabilistic analysis of the project
  2. Probability of achieving time and cost objectives
  3. Prioritized list of quantified risks
  4. Trends in quantitative risk analysis
  5. The above information may be included as a separate Quantitative Risk Analysis Report

Daftar risiko yang ada disertai dengan probabilitas, dampak, skor, dan komentar. Dari skor dan penilaian urgensi tersebut, maka perlu memprioritaskan risiko. Beberapa risiko akan memerlukan analisis lebih lanjut, dan masuk ke dalam tahap analisis risiko kuantitatif. Beberapa risiko yang tidak memerlukan analisis lebih lanjut, maka dapat langsung mengembangkan responsnya.

Sumber:
5th Edition PMBOK® Guide-Chapter 11: Process 11.4 Perform Quantitative Risk Analysis
11.3 Perform Qualitative Risk Analysis
A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK® Guide), Fifth Edition by Project Management Institute
PERFORM QUALITATIVE RISK ANALYSIS

1 Like