Apa saja ikan pemakan alga yang baik untuk aquascape ?

Saat membuat aquascape saya mendapat kendala karena tumbuhnya alga hitam. Lalu apakah ikan pemakan alga yang baik untuk aquascape ?

Untuk membersihkan alga bisa dengan hewan pemakan lumut atau alga eater untuk mengatasinya. Dengan ikan corydoras katanya jago makan alga dan saya kasih siput kecil pula.

Ikan Platy tricolor mickey mouse

Ikan platy / plati jenis black-gold lyretail dan tricolor mickey mouse dan saya pelihara dalam akuarium tadi. Tak disangka-sangka ikan-ikan kecil itu justru sangat efektif memakan lumut.
Platy tersebut saya kombinasikan dengan siput kali yang saya temukan di kolam rumah saya. Platy dan siput ini sama-sama rakus memakan lumut yang telah lama mengganggu.

Ikan yang masih keluarga ikan gondok atau teri itu cukup rakus memakan semua lumut baik hijau maupun hitam. Alhasil aquascape saya jadi bersih dan terbebas dari lumut setelah satu minggu hehe. Platy-platy itu terbukti sangat efektif dalam memakan lumut, lebih baik dari si corydoras.
Dari pengalaman ini saya jadi menemukan fakta yang sangat menarik…Ikan platy ternyata sangat baik untuk aquascape karena akan memakan lumut dengan rakusnya.

Memang di alamnya, ikan ini adalah omnivora, meraka akan memakan baik hewan dan tumbuhan yang mereka temukan. Namun dalam aquascape mereka idak akan memakan tanaman air karena mulut mereka hanya mampu memakan tumbuhan-tumbuhan lembut macam lumut.