Apa saja hal yang wajib dilakukan sebelum meninggalkan kucing sendirian?

Kucing memang hewan yang mandiri, namun bukan berarti mereka suka ditinggal sendiri di rumah.Apa saja hal yang wajib dilakukan sebelum meninggalkan kucing sendirian?

Tips sebelum meninggalkan kucing

1. Buat Dahulu Score Card

Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa orang yang nantinya akan kamu mintai bantuan melaksanakan sesuai dengan yang kita inginkan.misalnya titik spot biasanya kucing makan itu dimana, mangkuk minumannya perlu diganti berapa kali, kapan saja jam-jam kucingmu biasanya mengajak bermain.

2. Baik-Baik Deh Sama Tetangga

Ini sebenarnya mutlak harus dilakukan tidak hanya ketika kita sedang butuh saja, setiap hari kita memang harus bersikap santun, termasuk juga pada tetangga yang tidak suka kucing. Tujuannya agar dia segan ketika kita rajin menyapa ataupun ketika kucing kita sedang lewat dihadapannya ( minimal dia tidak menyakiti kucing )

Tetangga yang pengertian, pasti dia tidak akan menolak apabila diminta bantuan oleh kita untuk sekedar memberi makan Kucing peliharaan kita sewaktu pagi dan sore hari saja. Tentu dengan sebelumnya kita berikan stok makanan kucing + uang lelah. Pengalaman, jangan pernah memberi “uang mentah”nya saja karena nanti bisa disalahgunakan dan kucing kita tidak sejahtera kecuali kalau kita memang benar-benar sudah kenal baik dengan tetangga kita tersebut yang notabene tidak sedang mudik (pribumi/sedang gantian )

Disamping itu, menjadi Penyayang Kucing sebenarnya membentuk kita menjadi orang yang harus menghormati orang lain karena kucing bukanla hewan peliharaan kandang yang harus terus berada didalam ruangan, dia suatu saat pasti bermain ke tempat orang lain

Kalau ini persiapan yang harus dilakukan minimal H-10, kalau mendadak nanti kita ketahuan sedang ada maunya. Jika ditempatmu bisa menemukan CATsitter, hal tersebut akan lebih mudah, tarifnya mungkin bersahabat ( belum pernah coba )

3. Kasih Tambahan Jobs Buat Pak Satpam

Sebaiknya koordinasikan terlebih dahulu jauh-jauh hari, mampirlah ke Pos Jaga pada H-10 lalu H-3 diingatkan lagi Juknisnya. tentunya disamping membawa stock makanan kucing dan uang lelah jangan lupa untuk sebungkus rokok kesukaannya sebagai tanda persahabatan. Catmin jamin deh, nanti kamu bakal pergi mudik dengan hati tenang karena si Kucing akan sejahtera dibawah perlindungan dan pengawasan Pak Satpam. Oh iya, betul kan kalimat saya diatas ? menjadi penyayang kucing itu secara tidak sadar menjadikan kita pribadi yang disenangi banyak orang :wink:

4. Tutup Semua Pintu dan Lubang yang Bisa Menjadi Akses Keluar Masuk

Ini HANYA berlaku kalau kamu dan sekeluarga mudiknya cuma 1 sampai 2 hari saja lho ya. Lebih dari itu tolong jangan dilakukan. Jika kucingmu biasa keluar rumah pada hari normal. Sebaiknya ketika kamu mudik dia dimasukan didalam rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika dianggap perlu silakan buat kandang khusus bagi kucing.cuma perhatikan tentang sebuah hadist yang mengisahkan tentang seorang perempuan yang masuk neraka gara-gara mengurung didalam kandang dan tidak diberi makan hingga akhirnya mati (jangan ditafsirkan secara dangkal )

Kucing “outdoor” memang lebih mudah mendapatkan kecelakaan seperti berkelahi dengan kucing lain, digigit anjing dst. kamu tidak ingin pergi mudik dengan perasaan bersalah kan ?

5. Siapkan Yang Serba Auto!

Tidak cuma manusia saja yang teknologinya berkembang, untuk memenuhi kebutuhan dasar kucing sekarang juga ada lho yang namanya Auto Dispenser untuk minuman dan Auto Pet Feeder untuk makanannya. Apalagi dimusim kemarau seperti ini, air akan dikonsumsi lebih banyak oleh kucing ditambah kemungkinan kucing yang akan terkena stress akibat menemukan suasana yang berbeda dari biasanya (sepi/ditinggal) untuk itu sebaiknya sediakan setting kebutuhan makanan dan minuman untuk 2 hari kedepan.

Tidak harus beli lho ya, Catlovers itu selain dituntut baik pada orang lain juga mesti dipaksa buat cerdas untuk membuat sendiri, Cuma kelemahannya adalah kita tidak bisa mensetting pada waktu-waktu tertentu dan jumlah yang diinginkan, takutnya jadi mubadzir apabila diberikan sekaligus dalam 1 hari.

Disamping makanan dan minuman yang disediakan secara auto, ada juga mainan yang sifatnya auto, misalkan ada permainan bola yang bisa dimainkan kucing dalam lintasan, bulu yang bisa berputar sendiri, robot kucing yang bisa keluar masuk sendiri dari kardus, mainan laser yang bisa berputar sendiri , pokoknya yang serba sendiri-sendiri deh…Tips ini sebaiknya dilakukan pada H-2 menjelang H-1. Jadi pilihlah secara bijak sesuai kebutuhanmu !

6. Tebar Makanan Ringan

Mungkin terdengar aneh, tapi percaya deh Sob tapi jenis makanan ini akan membantu mengurangi kecemasan kucing kamu ketika makanan kesukaannya telah habis. Kamu pernah memberi makan kucingmu dengan snack ringan yang dia tidak mau makan ? sebenarnya itu bukannya tidak mau, tapi tidak suka dengan baunya.

Nah snack-snack semacam itu kamu sebarkan dibeberapa sudut rumah kamu. Hari pertama mungkin dia akan mengabaikannya, tapi coba saja deh pasang CCTV :wink: karena pada hari ke-2 dan selanjutnya itu makanan bakal dia embat juga karena terpaksa ( makanan favoritnya telah habis )
Picture

7. Tinggalkan Baju Kamu Yang Barusan Dipakai

Kucing itu hewan punya indera penciuman yang tajam, dengan itu dia akan mudah mengidentifikasi mana manusia yang aman baginya dan mana manusia yang tidak ramah dan perlu dijauhi. Tips ini berlaku pada H-1 ketika kamu akan berangkat mudik, letakan kaos kamu ( bagusnya yang habis dipakai olahraga ) pada tempat yang biasa diakses oleh kucing, fungsinya sebagai “peneman” dikalau dia termenung sepi sendirian.

Bau keringat dan feromon kamu yang tertinggal di kaos tersebut bakal jadi obat stress yang mujarab sehingga kucingmu akan tetap tenang dan nyaman tiduran diatas kaos tersebut ! kalau tidak percaya, pasang CCTV deh :wink:

8. Litterbox Harus Dalam Keadan Empty Tank

Pasirnya kamu mesti sediakan yang berkualitas lho ya, soalnya ini berpengaruh pada aroma yang akan ditimbulkan pada ruangan yang tertutup selama beberapa hari. Pasir yang tidak berkualitas tidak mempunyai kemampuan untuk menggumpal dengan baik jika tidak diciduk setiap hari. Direkomendasikan untuk menyediakan lebih dari 1 tempat LitterBox. Perlu dicatat, persiapan ini dilakukan H-1 sebelum berangkat mudik

9. Atur Pencahayaan Dan Suhu Ruangan Sama Seperti Keadaan Normal

Kalau lampu itu kan sudah standar manusia, tapi jangan mentang-mentang kucing, lampunya digelapkan lho ya , Kucing juga punya perasaan Sob, dia tidak suka ruangan gelap meski dia punya kumis dan penglihatan yang tajam. Catmin pernah punya pengalaman menaruh kucing stray pada rumah kontrakan yang masih kosong dengan hanya beberapa titik lampu yang menyala ( makanan normal ) doi malah milih tinggal dirumah tetangga karena lebih suka kehangatan bau manusia.

Jadi setting cahaya untuk tidak terlalu gelap, kalau perlu buatlah otomatis yang bisa swicth on/off beberapa ruangan fungsinya untuk mengganti suasana.

Kalau punya AC dirumah kamu bisa set timer untuk menyala pada waktu-waktu tertentu ketika cuaca diluar panas karena yang perlu diwaspadai ketika cuaca panas dan pergantian udara didalam rumah kamu yang tidak begitu baik sewaktu ditinggal mudik bisa menyebabkan penyakit stroke pada kucing. Pastinya ini dilakukan pada H-1 ya !

Source : http://www.meongers.com/memelihara/tips-meninggalkan-kucing-selama-mudik