Apa saja hal yang harus diperhatiin sebelum camping?

camping

Nenda adalah salah satu trik untuk travelling hemat budget alias murah. Tanpa harus mengeluarkan uang untuk biaya penginapan, kalau kamu bawa tenda dan juga sleeping bag, kamu bisa tidur di mana aja dengan gratis dan juga sepuasnya. Sebelum camping, apa saja hal yang harus diperhatiin?

1. Cari tempat dengan permukaan datar
Sebelum mendirikan tenda, pastiin kamu memilih spot yang berpermukaan datar. Hal ini akan berpengaruh banget dengan kenyamanan saat tidur. Tentunya, tidur di atas permukaan yang nggak rata bisa bikin punggungmu sakit dan tidur nggak nyaman. Sebelum mendirikan tenda, kalau kamu camping di daerah permukaan tanah, pastiin dulu kalau kamu udah menyingkirkan batu-batu yang sekiranya akan mengganggu kenyamanan kamu saat tidur.

2. Pilih tenda berwarna cerah
Biar tendamu tetap terlihat saat malam, usahakan untuk memilih tenda yang berwarna cerah. Terlebih lagi kalau kamu camping di daerah perhutanan, jikalau suatu hal nggak menyenangkan terjadi, otomatis orang sekitar akan dengan mudahnya menemukan tendamu karena warnanya yang cerah dan mudah ditemukan.

3. Letakan barang di setiap sudut tenda
Untuk menyeimbangi kokohnya tenda, ada baiknya kamu meletakan barang di setiap sudut tenda. Hal ini bakalan membantu banget kalau sewaktu-waktu ada angin kencang yang bisa menyebabkan robohnya tenda. Tapi, demi keamanan dan kenyamanan, pastiin dulu kalau kamu udah membawa barang-barang berharga di dekat kamu tidur. Jadi, tas tersebut hanya berisikan baju dan juga perlengkapan kempingmu.

4. Pilih bahan parasut atau polyester
Selain warna, kamu juga harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk kenyamanan dan keamanan sendiri. Bahan parasut dan polyester-lah yang paling aman digunakan karena tahan air. Selain bisa meminimalisir penyerapan air dari permukaan tanah, bahan parasut dan polyester ini juga bisa melindungimu dari hujan.

5. Perhatikan arah angin
Kalau kamu camping di daerah yang dingin, pasang api unggun pasti jadi hal wajib. Biar kamu nggak sesak selama pemasangan api unggun, pastiin kamu udah memasang tenda sesuai dengan arah angin biar asap api unggun tersebut nggak mengarah ke tenda dan membuat tenda jadi sesak dan pengap.

Sumber: