Apa Saja Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Global Warming?

image

Global warming atau pemanasan global merupakan masalah besar yang saat ini sedang dihadapi oleh seluruh umat manusia dan makhluk hidup di bumi. Kondisi ini ditandai dengan terjadinya peningkatan suhu bumi yang semakin panas. Bukan hanya itu, berbagai gejala lain seperti kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu tanda terjadinya global warming.

Pengaruh cuaca dan iklim ini mendatangkan beberapa bencana alam yang memprihatinkan dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari bencana banjir akibat hujan lebat, kekeringan, hingga kebakaran hutan yang disebabkan oleh suhu bumi yang semakin panas. Kondisi ini tentu saja memberikan banyak pengaruh bagi seluruh kehidupan makhluk di bumi.

Menurut kalian, Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi peningkatan suhu bumi?

Menurut Riyanto (2007) dalam pelitian yang berjudul Strategi Mengatasi Pemanasan Global, Riyanto(2007) menatakan kalau masing-masing individu dapat mengatasi global warming dengan cara-cara sebagai berikut:

  1. Menghindari pemakaian AC secara berlebihan
  2. Memisahkan limbah organik dan non organik
  3. Memakai barang-barang yang ramah lingkungan
  4. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor
  5. Tidak merusak hutan.

Referensi
Riyanto (2007). Strategi Mengatasi Pemanasan Global. VALUE ADDED. 3(2).STRATEGI MENGATASI PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING) | ,- | Value Added : Majalah Ekonomi dan Bisnis