Apa saja gunung tertinggi yang ada di tujuh benua dunia?

Gunung tertinggi di tujuh benua
Tujuh Puncak atau Seven Summits adalah gunung tertinggi di tujuh benua. Bisa menundukkan semuanya dianggap sebagai tantangan pendaki gunung, yang pertama kali diraih pada tanggal 30 April 1985 oleh Richard Bass. Tujuh puncak terdiri dari masing-masing puncak gunung tertinggi di masing-masing dari tujuh benua. Apa saja gunung tertinggi yang ada di tujuh benua dunia?

  • Gunung Tertinggi Benua Asia: Everest
    *Gunung Everest, yang dikenal di Nepal sebagai Sagarmāthā dan di Tibet sebagai Chomolungma, adalah gunung tertinggi di bumi, yang terletak di pegunungan Himalaya Mahalangur. Perbatasan internasional antara China (Daerah Otonomi Tibet) dan Nepal melintasi titik puncaknya.
    Tinggi resmi saat ini 8.848 m (29.029 kaki), yang diakui oleh China dan Nepal, didirikan oleh sebuah survei India tahun 1955 dan kemudian dikonfirmasikan oleh sebuah survei di China pada tahun 1975. Pada tahun 2005, China mengimbangi tinggi batu karang, dengan hasil 8.444,43 m. Di sana terjadi pertengkaran antara China dan Nepal mengenai apakah tinggi badan resmi itu adalah tinggi batu karang (8.844 m, China) atau tinggi salju (8.848 m, Nepal). Pada tahun 2010, sebuah kesepakatan dicapai oleh kedua belah pihak bahwa ketinggian Everest adalah 8.848 m, dan Nepal mengakui klaim China bahwa tinggi batu Everest adalah 8.844 m.

  • Gunung Tertinggi Benua Amerika Selatan: Aconcagua
    Aconcagua (Spanyol pengucapan: [akoŋkaɣwa]) adalah gunung tertinggi di luar Asia, pada 6.960,8 meter (22.837 kaki), dan dengan perluasan titik tertinggi di Belahan Barat dan Belahan Bumi Selatan. Terletak di pegunungan Andes, di Provinsi Mendoza, Argentina, dan terletak 112 kilometer (70 mi) barat laut ibukota, kota Mendoza, sekitar lima kilometer dari Provinsi San Juan dan 15 kilometer dari perbatasan internasional dengan Cile. Gunung itu sendiri terletak sepenuhnya di Argentina, tepat di sebelah timur perbatasan Argentina dengan Cile. Tetangga terdekat terdekat adalah Tirich Mir di Hindu Kush, 16.520 kilometer (10.270 mi). Ini adalah salah satu dari Tujuh Puncak.

  • Gunung Tertinggi Benua Amerika Utara: Denali
    Denali (/ dɪnɑːli /) (juga dikenal sebagai Gunung McKinley, bekas nama resminya) adalah puncak gunung tertinggi di Amerika Utara, dengan ketinggian puncak 20.310 kaki (6.190 m) di atas permukaan laut . Dengan keunggulan topografi 20.156 kaki (6.144 m) dan isolasi topografi 4.629 mil (7.450 km), Denali adalah puncak paling menonjol ketiga dan ketiga yang paling terpencil setelah Gunung Everest dan Aconcagua. Terletak di Alaska Range di pedalaman negara bagian A.S. Alaska, Denali adalah pusat dari Denali National Park and Preserve.

  • Gunung Tertinggi Benua Afrika: Kilimanjaro
    Gunung Kilimanjaro (/ ˌkɪlɪməndʒɑːroʊ /), dengan tiga kerucut vulkaniknya, “Kibo”, “Mawenzi”, dan “Shira”, adalah gunung berapi yang tidak aktif di Tanzania. Ini adalah gunung tertinggi di Afrika, sekitar 4.900 meter (16.100 kaki) dari basisnya menjadi 5.895 meter (19.341 kaki) di atas permukaan laut. Orang pertama yang diketahui mencapai puncak gunung adalah Hans Meyer dan Ludwig Purtscheller pada tahun 1889. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Kilimanjaro dan merupakan tujuan pendakian utama. Gunung ini telah menjadi subyek banyak penelitian ilmiah karena gletsernya yang menyusut dan hamparan ladang es yang hilang.

  • Gunung Tertinggi Benua Eropa: Elbrus
    Mount Elbrus (Bahasa Rusia: Эльбрус, tr. Elbrus, IPA: [ɪlʲbrus]; Karachay-Balkar: Минги тау, Miñi taw, IPA: [mɪŋːi taw]; Kabardian: Ӏуащхьэмахуэ, ‘Wāśhamāxwa IPA: [ʔʷoːɕħɑmæːxʷo]; Georgian: იალბუზი, Ialbuzi, IPA: [ɪɑlbuzɪ]; Ossetia: Halbruz) Adalah gunung tertinggi di Rusia, dan puncak kesepuluh yang paling menonjol di dunia. Sebuah gunung berapi yang tidak aktif, Elbrus berada di Pegunungan Kaukasus di Rusia Selatan, dekat perbatasan dengan Georgia.
    Elbrus memiliki dua puncak, yang keduanya merupakan kubah vulkanik yang tidak aktif. Puncak barat yang lebih tinggi adalah 5.642 meter (18.510 kaki), puncak timur adalah 5.621 meter (18.442 kaki). Puncak timur pertama kali naik pada tanggal 10 Juli 1829 (kalender Julian) oleh Khillar Khachirov. Kebangsaannya diklaim baik oleh orang-orang Kabardian dan Karachay dan digunakan oleh nasionalis dari kedua belah pihak. Dia adalah pemandu untuk ekspedisi ilmiah kekaisaran Rusia yang dipimpin oleh Jenderal Emmanuel, dan puncak barat (sekitar 20 m; 66 kaki) pada tahun 1874 oleh ekspedisi Inggris yang dipimpin oleh F. Crauford Grove dan termasuk Frederick Gardner, Horace Walker, dan pemandu Swiss Peter Knubel dari St. Niklaus.

  • Gunung Tertinggi Benua Australia: Puncak Jaya (versi Messner)
    Puncak Jaya atau Piramid Carstensz (4.884 m) adalah puncak tertinggi Gunung Jayawijaya atau Gunung Carstensz / kɑːrstəns / di jajaran Sudirman dataran tinggi tengah barat Provinsi Papua, Indonesia (di dalam Kabupaten Puncak Jaya). Puncak lainnya adalah Puncak Carstensz Timur (4.808 m), Sumantri (4.870 m) dan Ngga Pulu (4.863 m). Nama lain termasuk Nemangkawi dalam bahasa Amungkal, Carstensz Toppen dan Gunung Soekarno.
    Pada 4.884 meter di atas permukaan laut, Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia, di pulau New Guinea (yang terdiri dari wilayah Papua Barat dan Papua Nugini), di benua Australia (yang terdiri dari New Guinea, negara Australia, Timor, pulau-pulau lain, dan landas kontinental yang terendam), dan di Oceania, serta gunung tertinggi kelima di Asia Tenggara.

  • Gunung Tertinggi Benua Australia: Kosciuszko (versi Bass)
    Gunung Kosciuszko adalah gunung yang terletak di Pegunungan Rumput Pegunungan di Taman Nasional Kosciuszko, bagian dari Taman Nasional dan Cagar Laut Alpen Australia, di New South Wales, Australia dan terletak di sebelah barat Crackenback dan dekat dengan Jindabyne.
    Dengan ketinggian 2.228 meter (7.310 kaki) di atas permukaan laut, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Australia. Berbagai pengukuran puncak yang awalnya disebut Kosciuszko menunjukkannya sedikit lebih rendah dari tetangganya, Mount Townsend. Nama-nama pegunungan ditukarkan oleh Departemen Pertanahan New South Wales pada tahun 1892 sehingga Gunung Kosciuszko tetap menjadi nama puncak tertinggi Australia, dan Mount Townsend menempati urutan kedua. Gambar 1863 oleh Eugene von Guerard yang tergantung di Galeri Nasional Australia berjudul “Pemandangan timur laut dari puncak utara Gunung Kosciusko” sebenarnya dari Gunung Townsend

  • Gunung Tertinggi Benua Antartika: Vinson
    Gunung Vinson adalah puncak tertinggi di Antartika, 4.892 meter (16.050 kaki). Itu terletak di bagian utara dataran tinggi puncak Vinson Massif di bagian selatan punggungan utama Range Sentinel sekitar 2 kilometer (1,2 mil) di utara Hollister Peak. Ini pertama kali naik pada tahun 1966. Sebuah ekspedisi pada tahun 2001 adalah yang pertama mendaki melalui jalur Timur, dan juga mengukur GPS dari puncak puncak. Per Februari 2010, 1.400 pendaki telah mencoba mencapai puncak Gunung Vinson.

http://kaaffah.xyz/gunung-tertinggi-benua-satu/