Apa saja gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan saat setelah bangun tidur?


Setelah bangun tidur, apa saja olahraga ringan yang dapat dilakukan agar dapat menyegarkan tubuh?

1. Tarik badan ke atas
Kebanyakan dari olahraga di tempat tidur yang disarankan adalah olahraga peregangan. Tujuannya agar otot bisa lebih lemas bebas dari stres sehingga siap untuk beraktivitas.

Contohnya gerakan pertama bisa dengan berbaring di atas perut (tengkurap) lalu pelan-pelan menarik kepala dan dada ke atas. Jadikan tangan sebagai tumpuan lalu ketika sudah sampai pada posisi yang nyaman tahan lima detik sebelum kembali ke posisi awal.

2. Lutut ke dada
Berbaring di atas punggung (terlentang) lalu perlahan tarik kedua lutut hingga menyentuh dada. Peluk lutut sehingga punggung bawah membentuk postur melingkar dan tahan selama 20 detik sebelum ke posisi semula.

Gerakan ini bisa membantu otot panggul lebih kuat.

3. Lutut ke pundak berlawanan
Berbaring di atas punggung (telentang) lalu angkat sebelah kaki selama beberapa detik. Setelah itu perlahan tarik kaki tersebut sehingga posisi lutut ke arah pundak yang berlawanan. Tahan posisi selama 20 detik sebelum kembali ke posisi semula dan dilanjutkan pada kaki lainnya.

4. Peregangan samping
Olahraga peregangan ini mungkin yang paling sering dilakukan oleh orang-orang ketika bangun tidur. Dengan posisi duduk angkat kedua tangan di atas kepala setinggi-tingginya lalu tarik ke arah samping kanan atau kiri.

Tahan posisi tersebut selama lima detik sebelum kembali ke posisi awal dan dilanjutkan dengan gerakan yang sama ke arah berlawanan.

5. Mengangkat pantat
Duduk bersila lalu taruh tangan pada posisi di belakang. Pelan-pelan angkat dada dan pantat ke arah langit-langit sambil menempatkan beban pada tangan. Tahan posisi tersebut selama 10 detik sebelum kembali ke posisi semula.

Sumber :