Apa saja gejala terkena virus Chikungunya dan bagaimana cara mengatasinya?


Chikungunya adalah penyakit virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini berperan sebagai perantara atau vektor yaitu organisme yang membawa virus chikungunya di dalam tubuhnya tanpa terjangkiti. Apa saja gejala dari penyakit ini dan bagaimana cara mengatasinya?

1 Like

Gejala Chikungunya

Setelah tergigit nyamuk yang membawa virus, gejala akan mulai terasa pada 4-8 hari, namun juga dapat dimulai sejak 2-12 hari setelah gigitan. Gejala-gejala awalnya menyerupai gejala-gejala flu.

  • Demam - berawal secara tiba-tiba; salah satu gejala utama chikungunya
  • Nyeri sendi - keparahannya bisa sampai menghambat gerakan tubuh penderita; gejala ini bisa bertahan selama berminggu-minggu dan juga merupakan gejala utama chikungunya. Gejala ini umumnya muncul tidak lama setelah gejala demam mulai dirasakan.
  • Nyeri otot
  • Kedinginan
  • Sakit kepala tidak tertahankan
  • Ruam atau bintik-bintik merah di sekujur tubuh
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah

Pada beberapa kasus, gejala nyeri sendi akan tetap terasa hingga beberapa bulan, bahkan bertahun-tahun. Gejala chikungunya biasanya ringan sehingga tidak terdeteksi atau terlalu dirasakan oleh penderitanya. Di daerah yang memiliki kasus demam berdarah, tidak sedikit juga terjadi kasus salah diagnosis antara kedua penyakit ini.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, komplikasi akibat chikungunya, seperti gangguan pada saraf, mata, jantung, dan saluran pencernaan bisa muncul. Terutama pada orang lanjut usia, penyakit ini dapat mengakibatkan kematian.

Cara Menangani Chikungunya

Tidak ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan chikungunya. Obat-obatan pereda rasa sakit dan antiradang hanya bertujuan meredakan gejala. Di antaranya penurun demam dan analgesik untuk meredakan nyeri otot dan rasa sakit yang lain. Pada sebagian penderita yang kekurangan cairan, misalnya akibat kehilangan nafsu makan dan malas minum, pemberian cairan oralit atau infus bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi.

Berkonsultasilah kepada dokter sebelum menggunakan obat antiradang nonsteroid. Pemberian obat antiradang nonsteroid diberikan jika sudah dipastikan bahwa penderita tidak menderita demam berdarah. Hal ini dikarenakan efek samping pendarahan pada penderita demam berdarah.

Sumber : chikungunya