Apa saja Gejala Penyumbatan Jantung yang perlu diketahui?


Dilansir Alodokter.com Penyumbatan jantung umumnya disebabkan oleh penumpukan plak pada dinding pembuluh darah jantung. Pembuluh darah ini mengelilingi jantung dan bertugas membawa asupan oksigen dan berbagai nutrisi dari tubuh menuju jantung. Lalu Apa saja Gejala Penyumbatan Jantung yang perlu diketahui?

1. ANGINA (NYERI DADA)
Angina, atau nyeri dada, disebabkan oleh berkurangnya aliran darah menuju jantung akibat penyempitan pembuluh darah. Jenis nyeri dada ini muncul dengan keluhan seperti perasaan sesak, berat, dan tekanan di belakang tulang dada. Gejala ini biasanya dipicu oleh stres fisik maupun emosional, dan cenderung lebih parah setelah aktivitas fisik lalu mereda setelah Anda beristirahat.

Nyeri dada tidak selalu menandakan adanya penyumbatan pembuluh darah jantung. Pada kasus-kasus tertentu, itu bisa saja terjadi akibat kejang otot, penyakit maag, infeksi saluran pernapasan atas, penyakit kandung kemih, atau gangguan pencernaan.

2. SESAK NAPAS
Tanda berikutnya yang harus diwaspadai adalah sesak napas. Karena plak di arteri, jantung tidak mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuan tubuh, sehingga menyebabkan sesak napas atau perasaan lelah yang ekstrim.

3. DISFUNGSI EREKSI
Ini adalah masalah seksual pria yang paling umum dialami, dan bisa menjadi tanda adanya penyumbatan pembuluh darah jantung.

Berdasarkan artikel tahun 2011 yang dipublikasikan Circulation Journal, disfungsi ereksi adalah gejala umum aterosklerosis atau pengerasan pembuluh arteri. Aterosklerosis sering kali awalnya berdampak pada penis, lalu pada jantung dan otak.

Selain karena penyempitan pembuluh darah, masalah seksual ini juga bisa disebabkan depresi, rendah testosteron, gangguan saraf, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

4. KEBOTAKAN PRIA
Kebotakan di bagian atas kepala pria dapat menjadi tanda adanya penyempitan pembuluh darah jantung. Selain rontok di kepala, Anda juga mungkin melihat kerontokan di bulu-bulu kaki,

Sebuah studi ilmiah tahun 2000 yang dirilis Archives of Internal Medicine menjelaskan adanya kaitan antara kebotakan pria dengan penyakit jantung koroner, khususnya di antara pria yang mengidap darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Penyebab umum lain dari kebotakan pria antara lain adalah keturunan, kanker-kanker tertentu, pengobatan, kondisi tiroid, dan steroid anabolik.

5. LIPATAN DI TELINGA
Percaya atau tidak, suatu lipatan di telinga Anda bisa jadi mengindikasikan penyumbatan pembuluh arteri. Terutama sebuah lipatan bersiku yang berjalan miring dari dalam telinga ke tepi bawah daun telinga. Lipatan tersebut mungkin adalah tanda buruknya sirkulasi darah akibat penyempitan pembuluh darah jantung.