Apa saja gejala gigi retak yang harus diwaspadai?

11

Gigi retak atau cracked tooth merupakan salah satu permasalahan gigi. Sering kali orang mengabaikan gigi retak sebab rasa sakit yang hilang timbul. Padahal jika tidak waspada, gigi retak bisa menyebabkan kerusakan berlanjut pada struktur gigi. Keretakan yang semakin parah akan memperburuk kondisi gigi dan menggerogoti saraf yang bisa menyebabkan Anda kehilangan keseluruhan gigi Anda. apa saja gejala gigi retak yang harus diwaspadai?

Rasa sakit di gigi ketika menggigit atau mengunyah
Sedang asyik makan makanan favorit Anda tapi tiba-tiba saat menggigit gigi terasa sakit, padahal tadinya baik-baik saja. Wah waspada, siapa tau ini merupakan gejala dari keretakan di gigi Anda. Jika yang kita makan adalah makanan yang keras maka, hal ini bisa saja membuat gigi Anda retak atau menggeser posisi gigi yang berimpit.

Gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu tertentu
Keretakan biasa memicu gigi lebih sensitif terhadap suhu panas maupun dingin. Oleh karena itu sebaiknya hindari makanan dan minuman yang memicu sensitifitas gigi seperti, es krim, minuman panas, juga dingin.

Bila retak memburuk, maka gigi menjadi goyang
Keretakan yang dibiarkan terus menerus akan merusak stuktur gigi. Dan apabila keretakan meluas, gigi bisa menjadi goyang. Apabila gigi yang goyang mengganggu saat terkena makanan atau saat mengunyah pencabutan gigi terpaksa harus dilakukan.

Sebenarnya banyak hal lain yang tampak tak berbahaya, namun merusak kesehatan gigi. Penanganan pada gigi retak tergantung tingkat keretakan itu sendiri. bila keretakan hanya terjadi di permukaan gigi saja, maka dokter dapat membuat mahkota gigi buatan yang akan membungkus gigi yang retak tersebut… Namun jika retakan sudah jauh hingga akar atau bahkan gigi menjadi terbelah, maka gigi terpaksa harus dicabut, kemudian diganti dengan gigi tiruan atau implant. Kondisi ini tidak hanya akan memengaruhi estetika dan fungsi oral, namun juga dapat memengaruhi kesehatan umum seseorang. Jadi jika Anda sudah mengalami gejala-gejala gigi retak seperti diatas, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter.