Apa saja gejala-gejala kecanduan internet?

kecanduan

(aditya) #1

image

Apa saja gejala-gejala yang menandakan bahwa seseorang telah kecanduan internet?


(hanaaa) #2

Seseorang untuk dapat dikatakan kecanduan internet, haruslah menunjukkan perilaku-perilaku tertentu.

Goldberg (1997) mengemukakan bahwa kriteria diagnostik untuk individu yang mengalami kecanduan internet adalah sebagai berikut:

  1. Toleransi waktu yang digunakan dalam penggunaan internet, didefinisikan oleh salah satu dari hal-hal berikut:
  • Demi mencapai kepuasan, jumlah waktu penggunaan internet meningkat secara mencolok.

  • Kepuasan yang diperoleh dalam menggunakan internet secara terus menerus dalam jumlah waktu yang sama akan menurun secara mencolok, dan untuk memperoleh pengaruh yang sama kuatnya seperti yang sebelumnya, maka pemakai secara berangsur-angsur harus meningkatkan jumlah pemakaian agar tidak terjadi toleransi.

  1. Penarikan diri yang khas, yaitu individu yang kecanduan internet cenderung membatasi aktivitas sosialnya dan lama kelamaan akan mulai menarik diri dari lingkungannya.

  2. Internet sering digunakan lebih sering atau lebih lama dari yang direncanakan.

  3. Terdapat keinginan yang tak mau hilang atau usaha yang gagal dalam mengendalikan penggunaan internet.

  4. Menghabiskan banyak waktu dalam kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan internet, misalnya bermain game online, dan berinteraksi menggunakan situs jejaring sosial.

  5. Kegiatan-kegiatan yang penting dari bidang sosial, pekerjaan, atau rekreasional dihentikan karena penggunaan internet.

  6. Penggunaan internet tetap dilakukan walaupun mengetahui adanya masalah-masalah fisik, sosial, pekerjaan, ataupun psikologis yang kerap timbul dan kemungkinan besar disebabkan atau diperburuk oleh penggunaan internet.