Apa saja fungsi dari Air Mata?

Saat kita menangis, air mata akan mengalir keluar. Apa fungsi air mata yang sebenarnya?

Kelenjar air mata


Kelenjar air mata memiliki dua fungsi utama, yaitu :

  1. Fungsi sekresi
    Fungsi sekresi berguna untuk menjaga agar mata tetap basah, mengurangi gesekan dan alat mengangkut oksigen dan udara untuk kornea.

  2. Fungsi ekskresi.
    Sedangkan fungsi ekskresi berguna untuk membuang kotoran dan sisa-sisa yang lain. Dengan menutup kelopak mata, cairan dari saccus lacrimalis akan didorong masuk ke dalam hidung. Apabila kelopak mata dibuka, maka air mata akan mengalir dari glandula lacrimalis dan kemudian masuk ke dalam saccus lacrimalis .

1 Like

Fungsi air mata yang paling penting adalah melindungi serta mempertahankan integritas sel-sel permukaan mata, terutama kornea dan konjungtiva (Meliala et al., 2007). Fungsi lainnya yaitu :

  1. Sebagai optik dimana lapisan air mata akan membentuk serta mempertahankan permukaan kornea untuk selalu rata dan licin sehingga dapat memperbaiki tajam penglihatan pada saat setelah berkedip.

  2. Secara mekanis dengan berkedip air mata akan mengalir membersihkan kotoran debu yang masuk ke mata.

  3. Sebagai lubrikasi agar ketika berkedip dan menggerakan bola mata ke segala arah terasa nyaman.

  4. Menjaga agar sel-sel permukaan kornea dan konjungtiva tetap lembab.

  5. Sebagai mekanisme pertahanan mata dan proteksi terhadap kemungkinan infeksi karena mengandung antibakteri, lisozim, betalisin dan antibodi.

  6. Sebagai media transpor bagi produk metabolisme yang menuju ataupun meninggalkan sel-sel epitel kornea dan konjungtiva, terutama oksigen dan karbondioksida (40% oksigen di dapat dari atmosfer).

  7. Sebagai nutrisi karena air mata mengandung sumber nutrisi seperti glukosa, elektrolit, enzim, dan protein. (Meliala et al., 2007)

Fungsi Air Mata

1. Mengangkut asam dan zat gizi ke mata.
Tidak terdapat kelenjar darah Pada kornea sehingga bagian ini tidak dapat mendapat zat yang di perlukan. Jadi air mata bekerja untuk mengatasi hal tersebut.

2. Mencegah masuknya berbagai macam bakteri atau virus
Mata juga mengandung polusi yang jumahnya sangat banyak, lebih dari yang anda ketahui. Bisa anda membayangkan, bagaimana jika tidak ada air mata yang keluar, kotoran tersebut bisa langsung masuk ke dalam mata. Akhirnya lama kelamaan dapat menimbulkan infeksi pada mata.

3. Membantu penglihatan.
Air mata juga dapat membantu pengihatan manusia. Jadi Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata anda yang fungsi nya dapat menjaga kecerahan pandangan mata.

4. Mengeluarkan Racun.
Menurut William Frey Seorang ahli biokimia. Beliau telah melakukan beberapa kasus studi mengenai air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Keluarnya air mata inilah yang berarti ia mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat mata.

5. Meningkatkan mood atau rasa nyaman.
Ternyata seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis. Karena merasa lega telah mengeluarkan ungkapan di hati, akhirnya dapat mengembaikan mood seseorang tersebut.