Apa saja flora atau tumbuhan yang ada di hutan bakau atau hutan Mangrove?

Hutan mangrove

Hutan mangrove merupakan jenis hutan yang kebanyakan berada di ekosistem pantai, yaitu sekumpulan dari pohon- pohon bakau atau mangrove yan memiliki akar napas untuk menahan laju gelombang laut. Fungsi hutan mangrove ini sejatinya adalah untuk melindungi pantai dari abrasi pantai, yaitu pengikisan yang disebabkan oleh ombak laut. Selain sebagai penahan abrasi, hutan mangrove ternyata memiliki banyak fungsi lainnya selah satunya sebagai rumah dari berbagai flora dan fauna.

Flora merupakan sebutan lain bagi tumbuhan. Flora tentunya banyak tersebar di seluruh wilayah permukaan Bumi, khususnya di hutan. Adapun flora di hutan mangrove ini sudah pasti ada, yaitu tanaman mangrove atau bakau. Namun selain tanaman mangrove atau bakau juga ditemukan tanaman lainnya seperti:

  • Ketapang
  • Nyamplung
  • Akasia
  • Nipah
  • Pohon Asem
  • Lamtoro

Itulah beberapa jenis tumbuhan ata flora yang bisa kita jumpai di hutan mangrove atau bakau.

1. Avicennia

Avicennia atau yan juga sering dikenal dengan nama api api merupakan daftar tanaman pertama yang banyak menghiasi hutan bakau. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang mudah diidentifikasi, dimana tanaman ini selalu tumbuh di tepi laut ataupun daerah tepi sungai. Ukuran dari tanaman ini cenderung sedang hingga besar, dimana memiliki buah atau biji yang kecil – kecil.

Banyak yang mengatakan bahwa tanaman ini memiliki banyak khasiat kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu :
Mengobati sakit gigi dan juga dapat dijadikan salep sebagai obat luka.

2. Acrostichum Aureum

anaman kedua yang biasa kita jumpai pada hutan bakau adalah tanaman Acrostichum Aureum atau yang juga sering kita kenal dengan nama tanaman paku laut. Sesuai namanya, tanaman ini mirip seperti tanaman paku yang biasa kita temui di daratan, namun demikian, paku laut ini hidup pada daerah hutan bakau yang terbuka dan sering terkena cahaya matahaari.

Sama seperti tanaman paku lainnya, daun dari tanaman ini bisa dimasak dan dikonsumsi untuk dijadikan sayur.

3. Acanthus

Tanaman lainnya yang dapat kita temui pada hutan bakau adalah tanaman Acanthus atau dikenal juga dengan istilah jeruju. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang berad di dalam hutan bakau yang memiliki fungsi utama untuk tanaman obat. Tanaman ini mampu untuk membantu :

  • Menghentikan pendarahan akibat luka
  • ataupun gigitan ular,
  • serta dapat membantu menghilangkan rasa nyeri.
  • Selain itu, rebusan daunnya juga dapat mebantu mengobati perut kembung.

4. Bruguiera

Tanaman berikutnya yang bisa kita temui pada daerah hutan bakau adalah tanaman Bruguiera ataua yang juga sering dikenal dengan nama tanaman tanjang. Tanaman ini memiliki bentuk seperti pohon besar, dengan ketinggian bisa mencapai 30-an meter. Biasa tumbuh di bagian hutan bakau yang memiliki lumpur tebal. Beberapa spesies dari pohon ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan dan juga konsumsi dari manusia.

5. Ceriops

Tanamn ceriops atau tengar merupakan tanaman berikutnya yang ada di dalam hutan bakau. Tanaman ini memiliki bentuk seperti pohon beringin, dengan mahkota yang besar dan cenderung membulat. Ukurannya termasuk sedang, tidak terlalu besar ataupun kecil. Tanaman ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk :

  • Mengobati bisul, dan
  • juga sering digunakan sebagai pewarna dari kain batik.

6. Excoecaria Agallocha

Merupakan jenis pohon lainnya yang terdapat pada hutan bakau. Tanaman ini sering disebut dengan nama buta – buta, karena apabila racun dari pohon ini terkena mata, akan menyebabkan kebutaan. Pohon ini memiliki batang yang kecil dan lurus, mirip seperti pohon jati namun tidak tinggi dan berukuran sedang.

7. Rhizopora

Inilah tanaman yang paling sering ada di dalam hutan bakau. Nama tanaman ini adalah tanaman bakau, dimana memiliki bentuk batang yang menyeruai akar, dengan mahkota pohon yang lebat. Pohon ini temasuk ke dalam ukuran besar, karena dapat mencapai tinggi 40 m, dengan daun yang sangat hijau. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan, karena dapat membantu :

  • mencuci luka, dan
  • bisa juga dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.

8. Sonneratia

Merupakan tipe pohon yang umum ditemukan pada hutan bakau, tanaman sonneratia atau yang dikenal dengan nama pedada banyak djumpai di dalam hutan bakau. Bentuknya mirip tanaman merambat dengan daun yang lebar dan hijau. Sama seperti tanaman sebelumnya, jenis tanaman ini dapat dijadikan :

  • jamu
  • pengobatan tradisional,
  • serta bisa dimanfaatkan untuk membantu menghaluskan kulit.

9. Xylocarpos
Merupakan salah satu tanaman hutan bakau yang terletak pada bagian perbatasan antara habitat yang memiliki banyak koral dan juga habitat yang berlumpur tebal. Tanaman ini berukuran sedang dan juga banyak dijumpai pada hutan bakau.

Itu adalah beberapa jenis tanaman yang paling banyak kita temui pada daerah hutan bakau. Semua tanaman tersebut memegang peranan dan juga fungsi yang amat penting di alam hutan bakau. Dengan adanya tanaman tersebut, maka hutan bakau akan sangat bermanfaat.Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua dan juga dapat menambah wawasan anda mengenai fungsi hutan bakau.