Apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku politik seorang aktor politik?

bab-10kekuasaandanpolitik-13-638

Factor yang mempengaruhi perilaku politik seorang actor politik

  1. Lingkungan sosial politik tak langsung, seperti sistem politik, sistem ekonomi, sistem budaya, dan sistem media massa.

  2. Lingkungan sosial politik langsung yang mempengaruhi dan membentuk kepribadian actor, seperti keluarga, agama, sekolah dan kelompok pergaulan. Dari lingkungan sosial poltik langsung seorang actor mengalami sosialisasi dan internalisasi nilai dan norma masyarakat, termasuk nilai dan norma kehidupan bernegara, dan pengalaman pengalaman hidup pada umumnya. Lingkunga langsung ini dipengaruhi oleh lingkungan tak langsung.

  3. Struktur kepribadian yang tercermin dalam sikap individu. Untuk memahami struktur kepribadian. Perlu dicatat bahwa terdapat tiga basis fungsional sikap, yaitu kepentingan, penyesuaian diri, eksternalisasi, dan pertahanan diri. Basis yang pertama merupakan sikap yang menjadi fungsi kepentingan. Artinya, penilaian seseorang terhadap suatu objek ditentukan oleh minat dan kebutuhan atas objek tersebut. Basis yang kedua merupakan sikap yang menjadi fungsi penyesuaian diri. Artinya penilaian terhadap suatu objek tersebut. Basis yang ketiga merupakan sikap yang menjadi fungsi eksternalisasi diri dan pertahanan diri. Artinya, penilaian seseorang terhadap suatu objek dipengaruhi oleh keinginan untuk mengatasi konflik batin atau tekanan psikis yang mugnkin berwujudmekanisme pertahanan diri dan kesternalisasi diri, seperti proyeksi, idealisasim rasionalisasi, dan identifikasi dengan aggressor.

  4. Factor lingkungan sosial politik langsung yang berupa situati, yaitu keadaan yang memengaruhi actor secara langsung ketika hendak melakukan suatu kegiatan, seperti cuaca, keadaan keluarga, keadaan ruang, kehadiran orang lain, suasana kelompok. Dan ancaman dengan segala bentuknya.

sumber : Surbakti, Ramelan, Memahami Ilmu Politik, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakartastrong text