Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Fashion?

fashion

Pada kehidupan sekarang ini banyak desainer-desainer yang berlomba-lomba untuk mendesain atau merangkai beberapa fashion terkini dan anda tidak usah bingung lagi ya, di Jember sudah tersedia berbagai macam fashion kekinian, anda bisa datang langsung yuk ke toko baju gamis Jember & model muslim terbaru jember.

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi fashion

Media Massa

Dengan media massa fashion diseluruh dunia dengan mudah terupdate sehingga kita dapat mengikuti trend yang sedang berkembangan. Media seolah mensosialisasikan fashion kepada masyarakat.

Media Internet

Tanpa kita sadari internet juga menjadi faktor penentu penyebar luasan trend fashion. Misalnya seperti website ini yang selalu menyajikan tips dan trend fashion terkini. Tentu saja informasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat menyebar luas di masyarakat. Penyedia busana secara online pun ikut memberikan peran dengan menyediakan berbagai busana yang mengikuti trend fashion. Sehingga mau tidak mau masyarakat akan mengikuti trend fashion yang ada.

Dunia Internet

Dunia internet tentu saja menjadi faktor yang sangat besar dalam penyebar luasan trend fashion ditengah masyarakat. Para selebritis yang selalu muncul diberbagai media pun menjadi idola selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan bisa menjadi trendsetter dan pasti akan diikuti oleh penggemar mereka.

Dunia Musik

Dunia musik juga menjadi faktor berkembangnya trend fashion. Saat ini dunia musik kita sedang mengalami wabah boyband dan girlband. Boyband dan girlband ini mengikuti trend fashion yang berkiblat pada korea dan jepang. Saat ini banyak kita temui busana yang menyerupai stylenya orang korea dan jepang. Hal ini dari munculnya boyband dan girlband diblantika musik Indonesia.

Dunia Bisnis

Yang bikin berkembangnya trend fashion melonjak yaitu bisa jadi dari dunia bisnis ini. Banyak desainer yang berlomba untuk merancang fashion kekinian.

Selain beberapa faktor di atas, adakah faktor-faktor lain yang memengaruhi fashion?

1 Like

Fashion berdasarkan kamus Oxford yang dapat diakses daring melalui https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/ menyatakan bahwa fashion merupakan mode terkini dari pakaian, rambut, dll dalam kurun waktu tertentu. Pengertian tersebut sudah menjelaskan mengenai satu fakta pasti yaitu adanya batasan waktu. Majalah fashion SHE edisi Maret 2020 memberikan dua pendapat mengenai bagaimana sesuatu mempengaruhi tren fashion.

  • Budaya dan tradisi
    images
    Sumber: thidiweb.id

Fashion doesn’t just change over time. It also changes based on geography. Around the world, fashion is influenced by culture and tradition as well as what’s popular

Adanya batasan waktu memang menjadi penyebab utama fashion selalu berganti, akan tetapi penyebab mode atau fashion bisa berganti adalah adanya budaya yang dimiliki suatu wilayah tertentu. Demografi dari masyarakat pada wilayah tersebut juga bisa mempengaruhi mode, tidak jarang suatu tren fashion dari suatu tempat tidak bisa menjadi tren ditempat lain atau bahkan mengalami akulturasi atau pencampuran dikarenakan penyesuaian dengan budaya setempat.

  • Aktvitas global


Sumber: trtworld.com

Mode dari suatu masa akan dipengaruhi oleh acara global yang sedang terjadi di seluruh dunia. Contoh: Gucci mengeluarkan lini pakaian pada momen seri piala dunia 2018. Fashion mengikuti aktivitas global sebagai bagian dari tren.

Belajar mengenai fashion bisa memiliki berbagai arti, desainer kondang pemilik brand Channel bahkan memberikan pengertian bahwa fashion bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Fashion umumnya dianggap sebagai seni, akan tetapi bisa juga sebagai komponen ekonomi, manajemen, bahkan ilmu psikologi. Berdasarkan sebuah buku pedoman dasar desain berjudul 3 Fashion Design Basics menjelaskan konsep fashion sebagai proses kreatif dalam menciptakan keindahan.

The design should also meet the needs of the target group / occasion and be able to express the individuality and creativity of the designer. Cultural and social changes affect the fashion trend and how people perceive aesthetic values and related design principles. What is considered to be beautiful one year may not be considered the same way a few years later (Education Bureau of Hongkong, pp 1)

army
Sumber: https://www.beautifulfeed.com/

Belajar mengenai fashion artinya belajar mengenali kebutuhan keindahan


Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mempelajari fashion adalah bagaimana anda mendefinisikan sebuah keindahan. Apakah anda menganggap alam liar itu indah? Atau bahkan gemerlap perkotaan lebih baik? Ketika bisa menentukan bagaimana keindahan menurut diri sendiri maka akan muncul selera dan itu yang bisa menjadi dasar seseorang untuk memutuskan memiliki fashion atau hanya sekedar mengikuti tren.


Sumber: https://stylecaster.com/

Tentukan role-model


Ketika dapat telah mendefinisikan keindahan, coba cari seseorang dengan keahlian bidang fashion yang memiliki selera sama. Pertama-tama bisa meniru bagaimana fashion orang tersebut, selanjutnya bisa membuat perkembangan lain sesuai keinginan.


Sumber: Fubiz.net

Berani dan gali kreatifitas


Kata fashion sendiri menurut kamus Oxford berarti mode terkini dari pakaian, rambut, dll dalam kurun waktu tertentu. Pengertian tersebut menunjukan bahwa fashion tidak akan bertahan lama sehingga akan terus membutuhkan hal baru yang tercipta dari kreatifitas. Terus coba padu padan dari pakaian yang sesuai selera atau gaya yang dimiliki sehingga bisa memunculkan mode baru.

1 Like