Apa saja faktor yang memengaruhi distribusi pendapatan?

Apa saja faktor yang memengaruhi distribusi pendapatan ?

Di bidang ekonomi, distribusi pendapatan adalah bagaimana total PDB suatu negara didistribusikan di antara penduduknya. Pendapatan dan distribusinya selalu menjadi perhatian utama teori ekonomi dan kebijakan ekonomi. Apa saja faktor yang memengaruhi distribusi pendapatan ?

1 Like

Menurut Irma Adelman dan Cyntia Taft Mornis dalam Lincolin Arsyad (2004), faktor penyebab ketidakmerataan distribusi pendapatan antara lain :

  1. Pembangunan sektor pertanian yang kurang merata. Dimana peranan sektor pertanian dalam pembangunan ekonomi sangat penting karena sebagian anggota masyarakat di negara-negara miskin menggantungkan hidupnya pada sektor tersebut. Seperti halnya di Indonesia yang merupakan negara agraris banyak daerah yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Pembangunan sektor pertanian yang tidak merata mengakibatkan semakin sedikitnya masyarakat yang terserap dalam sektor tersebut.

  2. Pertambahan penduduk yang tinggi yang mengakibatkan menurunnya pendapatan perkapita.

  3. Inflasi dimana pendapatan uang bertambah tetapi tidak diikuti secara proporsional dengan pertambahan produksi barang-barang.

  4. Ketidak merataan pembangunan antar daerah.

  5. Investasi yang sangat banyak dalam proyek-proyek yang padat modal ( capital intensive ), sehingga presentase pendapatan modal dan harta tambahan besar dibandingkan dengan presentase pendapatan yang berasal dari kerja, sehingga pengangguran bertambah.

  6. Rendahnya mobilitas sosial.

  7. Pelaksanaan kebijakan industri substitusi impor yang mengakibatkan kenaikan harga-harga barang hasil industri untuk melindungi usaha-usaha golongan kapitalis.

  8. Memburuknya nilai tukar ( term of trade ) bagi NSB dalam perdagangan dengan negara-negara maju, sebagai akibat ketidakelastisan permintaan negara-negara terhadap barang-barang ekspor NSB.

  9. Hancurnya industri-industri kerajinan rakyat seperti pertukangan, industri rumah tangga, dan lain-lain.

  10. Pendapatan perkapita masyarakat.

Referensi

Faqih, Asrul. 2009. Pengaruh Pembangunan Sektor Pertanian Terhadap Kesempatan Kerja Dan Distribusi Pendapatan Di Provinsi Jawa Tengah. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.