Apa saja faktor penyebab Kelinci mengalami kejang-kejang lalu mati?

Kelinci

Apa saja faktor penyebab Kelinci mengalami kejang-kejang lalu mati?

Pada dasarnya penyebab kelinci yang kejang-kejang adalah faktor makanan yang tidak sewajarnya atau pemberian makanan pada kelinci yang tidak baik sehingga menyebabkan kelinci kejang-kejang dan mati. Berikut 4 faktor yang penyebab kelinci kejang-kejang lalu mati.

  1. Makanan yang tercampur bahan kimia

    Sering sekali pada saat memberikan makanan pada kelinci berupa sayuran pemilik tidak mencuci sayur terlebih dahulu pada air bersih sehingga bahan kimia berupa pupuk atau pestisida yang masih lengket pada sayuran termakan oleh kelinci, hal ini dapat memperngaruhi kesehatan pada kelinci sebab seperti yang kita ketahui bahan kimia terupata pestisida digunakan para petani untuk membasmi hama pada sayuran maka dari itu jika dimakan oleh kelinci akan mengakibatkan hal yang sangat fatal.

  2. Stres pada kelinci

    Tingkat stres yang berlebihan pada kelinci dapat menyebabkan kelinci kejang – kejang lalu mati secara tiba-tiba atau biasa disebut sakrotul maut, maka dari itu untuk memghindari stres pada kelinci ada baiknya kelinci ditempatkan pada kandang yang nyaman dan sejuk agar kelinci tidak mengalami stres jauh hari yang akan datang.

  3. Kelinci Sudah sakit

    Kejang pada kelinci bisa saja dibebabkan pada dasarnya kelinci tersebut memang sedang mengalami sakit yang parah dan pemilik tidak memperhatikan serta merawatnya , terkadang ketika kelinci yang memang sakit akan menyebabkan kejang lalu mati pada kelinci , maka dari itu ketika kelinci peliharaan sedang sakit ada baiknya dirawat dan diperharikan agar tidak terjadi hal buruk kedepannya.

  4. Pemberian makanan yang salah

    Sering sekali pemilik kelinci memberikan makanan yang salah kepada kelinci seperti rerumputan yang mengandung racun serta sayuran berupa kol yang dapat membuat perut kelinci kembung serta keracunan, ada baiknya selalu perhatikan jangan sampai salah dalam memberikan makanan pada kelinci.