Apa saja Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Balanipa?

Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Balanipa

Apa saja Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Balanipa ?

Faktor Pendukung Perkembangan Kerajaan Balanipa


Pada Abad XVI-XVII Dilihat dari perkebangan Kerajaan Balanipa ada tiga faktor yang menjadikan Kerajaan Balanipa berkembang pesat pada abad XVI-XVII, yaitu letak geografis wilayah, hubungan kerja sama dengan kerajaan lain dan yang ketiga adalah kebijakan Pemerintah. Kebijakan pemerintah yang didukung oleh sistem pemerintahan dan perlengkapan Kerajaan yang memadai terutama yang menyagkut dengan kekuasaan dan keamanan, serta didukung oleh komoditas dagang.

1. Letak geografis Kerajaan Balanipa

Posisi Kerajaan Balanipa yang terletak pada bagian jazirah selatan Sulawesi yang terletak antara Kalimantan dibagian barat dan kepulauan Maluku dibagian timur serta antara kepulauan Sulu, yang merupakan wilayah Filipina dibagian utara dan kepulauan Nuaa Tenggara Barat di sebelah selatan. Secara berurutan, masing-asing dipisahkan oleh selat Makassar dan laut Banda, serta laut Sulawesi dan laut flores. Posisi Kerajaan Balanipa ini berada pada titik sentral kawasan perdagangan poros maritim.Sehingga memungkinkan bagi Kerajaan Balanipa untuk mengembangkan perdagangan melalui wilayah laut. Dan juga di dukung oleh hasil komoditi para pedagang yang dihasilkan oleh masyarakat baik dari hasil pertanian, hasil laut dan hasil kerajinan tangan.

2. Hubungan Kerajaan Balanipa dengan Kerajaan lain

Selain letak georafis Kerajaan Balanipa, hubungan dengan Kerajaan besar juga mempengaruhi perkembangan Kerajaan Balanipa.Contohnya hubungan dengan Kerajaan Gowa yang pada awalnya terjalin ketika mara’dia pertama Kerajaan Balanipa yang pernah tinggal di Kerajaan Gowa dan juga memegang posisis penting pada saat itu. Kerajaan Balanipa dengan Kerajaan Gowa adalah sukutu yang setia sehingga Kerajaan Balanipa mendapat isin berlayar dan berdagang dari Kerajaan Gowa yang pada saat itu memegang kendali perdagangan maritime di sulawesi. Maka dari itu Perahu-perahu dagang dari Kerajaan Balanipa dapat singgah di semua pelabuhan di Nusantara.

Hubungan baik yang terjalin antara Kerajaan-kerajaan yang ada di hulu sungai dengan Kerajaan Balanipa, juga berpengaru penting dalam perkembanga poros maritim yang dilakukan Kerajaan Balanipa. Sebab beberapa komoditi yang dibawa dan diperjaual belikan oleh para pedagan merupakan hasil komoditi yang di suplai dari Kerajaan-kerajaan tersebut.

3. Kebijakan Pemerintah

Kekuasaan dan keberhasilan yang dicapai oleh Kerajaan Balanipa tidak terlepas dari kecakapan seorang raja yang memipin pada saat itu.Kebijakaan kebijakan raja sangat berpengaru terhadap perkembangan Kerajaan baik dalam bidang ekonomi dan pertahanan.Seperti yang dilakukan I Manyumbungi yang berhasil menumpas para pembuat onar di Mandar dan menjadikan appe’ banua kaiyang manjadi Kerajaan yang di segani.Dilanjutkan dengan Tomepayung yang mampu mempersatukan seluruh Kerajaan baik yang tergabung dalam persekutuan pitu ba’bana binanga maupun Kerajaan-kerajaan yang tergabung dalam pitu ulunna salu. Selain itu pemindahan ibu kota Kerajaan kepesisir pantai, untuk lebih serius dalam kegiatan perdagangan maritim dan juga dibentuk petugas-petugas sakka manarang (lengkap segala kepandaian) membuktikan kepandaian seorang pemimpin melihat peluang untuk memajukan Kerajaan.