Apa saja faktor keberhasilan plan risk response?

Menurut Santosa (2009), Plan risk reponse merupakan proses yang dilakukan untuk meminimalisasi tingkat risiko yang dihadapi.
Dalam meminimalisasi tingkat risiko yang dihadapi pastinya terdapat faktor-faktor yang menunjang keberhasilan perencanaan proses respo terhadap risiko. Apa saja faktor keberhasilan plan risk response?

Tiga faktor keberhasilan plan risk response yaitu :

  • People
    Dalam melakukan plan risk response, orang-orang yang terlibat melakukan komunikasi secara terbuka dan cara yang tepat dengan stakeholder. Perlu adanya peran dan tanggung jawab yang jelas terhadap proyek juga harus ditangani oleh orang yang dapat mengatur risiko secara efektif.
  • Planning
    Planning yang terdapat pada plan risk response meliputi menentuan waktu respon risiko dan menyediaan budget, jadwal, dan sumber daya dalam melakukan respon
  • Analysis
    Faktor analisis harus memenuhi interaksi terhadap risiko dan respon, memastikan ketepatan waktu, keefektifan dan respon yang telah disepakati bersama, mengatasi ancaman dan peluang proyek, serta mengembangkan strategi berdasarkan definsi risiko yang jelas.

Referensi :

https://pmisp.org.br/document-repository/acervo/19-effective-plan-risk-responses-vv-160811a/file