Apa saja fakta tentang Satelit Alami Bumi?

bulan

Bulan merupakan salah satu benda langit paling indah yang sering kita lihat dan amati. Bulan adalah satelit alami yang selalu mengikuti Bumi.

Hanya Satu
Semua planet di dalam tata surya kita memiliki satelit alami yang disebut bulan. Planet-planet seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, memiliki 50-an lebih bulan. Mars memiliki dua bulan, yaitu Phobos dan Deimos. Sedangkan Bumi hanya memiliki satu bulan yang dikenal dengan sebutan Bulan (Moon).

Tiga Gerakan
Sebagai satelit Bumi, Bulan melakukan tiga gerakan alami, yaitu rotasi bagi dirinya, mengorbit Bumi, dan mengikuti Bumi mengorbit Matahari. Kecepatan rotasi Bulan adalah 4,627 m/detik. Kecepatan orbit (mengelilingi Bumi) adalah 1,022 km/detik.

Terbentuknya Bulan
Bulan terbentuk empat milyar tahun yang lampau, bersamaan dengan terbentuknya sistem Tata Surya. Bulan terbentuk akibat tubrukan benda langit bernama Theia yang menabrak Bumi yang baru terbentuk. Akibat tubrukan besar itu, material Bumi terlontar ke orbit, lalu berkumpul membentuk benda langit baru bernama Bulan. Karena Bulan masih berada di dalam orbit Bumi, maka Bulan selalu mengelilingi dan mengikuti Bumi. Menurut penelitian, batuan Bulan sama atau identik dengan batuan di Bumi. Seperti di Bumi, permukaan Bulan mengandung silika, aluminium, kapur, besi, titanium, sodium, dan lainnya. Hal ini memperkuat teori bahwa Bulan berasal dari Bumi.

Sumber: