Apa saja Fakta-fakta planet raksasa tentang dalam Tata Surya?

Jupiter

Jupiter adalah planet kelima dari Matahari. Dalam Tata Surya, Yupiter terlihat sangat menonjol karena volumenya sangat besar. Beberapa wahana antariksa telah dikirim untuk menyelidiki planet ini, namun hingga kini Yupiter masih penuh misteri.

Planet Gas Raksasa

Yupiter adalah planet raksasa. Besarnya 11 kali Bumi. Keadaan Yupiter sangat berbeda dengan Bumi. Kalau Bumi merupakan planet padat berbatu, Yupiter merupakan gumpalan gas raksasa. Gas yang terkandung di dalamnya, antara lain, metana, hydrogen, amonia, karbon, neon, sulfur, dan lainnya. Meskipun merupakan planet gas raksasa, bagian dalam Yupiter diduga memiliki inti yang padat.

Atmosfer Tertinggi

Yupiter memiliki atmosfer paling luas di dalam Tata Surya. Tinggi atau ketebalan atmosfer Yupiter mencapai 5.000 kilometer. Bandingkan dengan atmosfer Bumi yang memiliki ketinggian hanya 560 kilometer.

Badai Raksasa

Kalau kita mengamati Yupiter dengan teropong, kita akan melihat bintik merah di permukaan Yupiter. Apakah bintik merah tersebut lubang raksasa? Ternyata tidak, bintik merah tersebut merupakan pusaran gas atau badai raksasa. Pusaran gas ini sudah ada sejak tahun 1665 hingga saat ini. Meskipun pusaran gas ini hanya terlihat kecil, bintik merah ini sangat luas dan bisa menelan Bumi.

Cincin Jupiter

Tidak hanya Saturnus yang memiliki cincin. Yupiter juga memiliki cincin, namun sangat tipis dan samar sehingga sulit diamati. Berbeda dengan cincin Saturnus yang berupa lapisan es, cincin Yupiter berupa debu antariksa. Para ahli menduga, debu-debu antariksa ini berasal dari materi yang terlempar dari satelit-satelit yang mengelilinginya.

Sumber: